Gawat! 4 Minuman Ini Bisa Sebabkan Infeksi Jamur di Miss V, Apakah Termasuk Minuman Favoritmu?

Gawat! 4 Minuman Ini Bisa Sebabkan Infeksi Jamur di Miss V, Apakah Termasuk Minuman Favoritmu?

Infeksi jamur dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun, termasuk area kelamin. -instagram.com/-

LINGGAUPOS.CO.ID — Infeksi jamur umumnya menyerang kulit, namun juga dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun, termasuk area kelamin. 

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur adalah candidiasis, yaitu infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida albicans.

Jamur ini merupakan jamur yang hidup di dalam tubuh manusia, tepatnya pada saluran pencernaan, membran mukosa rongga mulut, dan area kelamin, seperti vagina. 

Namun, ketika jamur Candida albicans berkembang biak secara abnormal maka akan menimbulkan penyakit infeksi yang disebut candidiasis atau kandidiasis.

BACA JUGA:Cara Download Aplikasi TikTok di Laptop dan Panduan Menginstalnya

Candidiasis menyebabkan ketidaknyamanan pada area tubuh yang terpapar. Candidiasis yang menyerang kulit misalnya, ditandai adanya ruam merah yang disertai rasa gatal dan iritasi.

Infeksi jamur Candida albicans ini dapat dialami oleh siapa saja, tetapi seseorang dengan sistem imun yang lemah lebih berisiko terkena infeksi ini.

Vagina secara alami memiliki kadar ragi yang seimbang, termasuk candida, dan bakteri. Bakteri tertentu (lactobacillus) bertindak untuk mencegah pertumbuhan berlebih dari ragi.

Pertumbuhan berlebih dari kandida atau penetrasi jamur ke dalam lapisan sel vagina yang lebih dalam dapat menyebabkan gejala infeksi jamur.

BACA JUGA:Simak, Ini Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi PPPK Kemenag 2022, Cek di Sini

Pertumbuhan ragi yang berlebihan dapat terjadi karena beberapa hal, seperti:

  • Penggunaan antibiotik
  • Kehamilan
  • Diabetes yang gak terkontrol
  • Sistem kekebalan tubuh yang terganggu
  • Mengonsumsi kontrasepsi oral atau terapi hormon yang meningkatkan kadar estrogen

Selain itu, ternyata ada beberapa minuman yang juga bisa menyebabkan infeksi jamur pada vagina atau Miss V ini loh. Apa saja? Yuk, intip deretan minumannya.

1. Minuman tinggi kafein

Minuman yang mengandung tinggi kafein, seperti kopi dan teh perlu dikurangi karena bisa menjaadi penyebab infeksi jamur di vagina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: