Fakta Mengejutkan Terkait Rencana Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, Begini Ceritanya

Fakta Mengejutkan Terkait Rencana Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, Begini Ceritanya

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, yang menyatakan Lubuklinggau sudah siap jika menjadi ibu kota Provinsi Sumsel Barat --

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Wacana pemekaran Provinsi Sumsel Barat sudah digulirkan sejak beberapa tahun lalu. Namun sampai kini pengerakan untuk mewujudkannya berhenti di tengah jalan.

Ketua Presedium Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, Wahisun Wais Wahid kepada LINGGAUPOS.CO.ID, Senin 16 Januari 2023 menjelaskan, rencana pemekaran saat ini masih terus berproses.

Namun, ia mengungkapkan beberapa persoalan yang membuat rencana ini berjalan di tempat, atau sulit untuk dilaksanakan.

"Sampai dengan saat ini tidak ada dukungan dari pemerintah daerah. Dari 6 daerah yang akan bergabung dalam Provinsi Sumsel Barat ini, baru satu daerah yang menyatakan dukungan," jelasnya.

BACA JUGA:Lubuklinggau Sudah Siap Jadi Ibukota, Apa Kabar Pemekaran Sumsel Barat?

Dukungan yang dimaksud, Wahisun berisi surat pernyataan dari Kepala Daerah dan paripurna DPRD mengenai persetujuan bergabung untuk pemerkaran.

"Sampai dengan saat ini, baru Kabupaten Empat Lawang yang menyatakan persetujuan. Sementara 5 daerah lainnya belum menyatakan persetujuan," katanya.

Dijelaskannya, kalau sudah ada persetujuan dari 6 daerah, maka akan diakukan ke Gubernur dan DPRD Sumatera Selatan, baru kemudian ke Komisi II DPR RI.

"Sekarang memang moratorium pemekaran kecuali Papua. Namun yang sudah masuk grand design, ada 40 provinsi termasuk Sumsel Barat di Komisi II DPR RI," tambahnya.

BACA JUGA:51 Persen Masyarakat Mura Sumatera Selatan Bukan Penduduk Asli, Kok Bisa? Ini Alasannya

Ia berharap jangan sampai, ketika moratorium dicabut, dan pemerintah siap melakukan pemerkaran, ternyata Sumsel Barat tidak memenuhi syarat.

"Makanya saat inilah kesempatan untuk memenuhi syarat tersebut. Apalagi sebenarnya para kepala daerah habis masa jabatannya," kata Wahisun.

Sementara itu, setahun lalu, yakni 30 Januari 2022, Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe mengungkapkan, sangat mendukung pemekaran Provinsi Sumsel Barat atau Sumselbar.

Nanan, begitu panggilan akrab  H SN Prana Putra Sohe, mengungkapkan ia sangat mendukung pemekaran Sumsel Barat yang sudah sejak lama digaungkan Syahrial Oesman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: