Smartphone Baru Harus Dicas 8 Jam Dulu. Ini Mitos atau Fakta?

Smartphone Baru Harus Dicas 8 Jam Dulu. Ini Mitos atau Fakta?

Tidak sedikit kasus HP bermasalah seperti meledak yang disebabkan oleh baterai. -twitter,com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Baterai adalah komponen yang vital pada HP. Tidak sedikit kasus HP bermasalah seperti meledak yang disebabkan oleh baterai. 

Baterai juga jadi vital karena merupakan tulang punggung nyala tidaknya smartphone. Karena itu, tak jarang sebagian besar dari Anda jika akan membeli HP, faktor kapasitas baterai menjadi salah satu utama yang diperhatikan.

Karena itu juga, banyak orang ingin memilih HP dengan baterai berkapasitas besar. Belakangan, sebagian orang juga banyak yang mencari HP yang sudah mendukung teknologi fast charging. 

Tujuannya untuk mendapatkan HP dengan kualitas baterai yang awet. Padahal sebenarnya, baterai pada HP bukan soal kapasitas dan teknologi fast charging.

BACA JUGA:Cobain Yuk, 5 Minuman Pembakar Lemak yang Bikin Langsing!

Hal yang mendasar dari sebuah baterai awet tidaknya adalah soal cara mengisi daya. Bahasa populernya ngecas. Sebesar apapun kapasitas baterai yang Anda gunakan pada HP, jika salah dalam penggunaan dan proses isi daya, maka kemampuan baterai tersebut akan berkurang dan tetap saja menjadi boros.

Pernah kah Anda mendengar anjuran untuk mengisi daya alias mengecas ponsel baru selama 3-8 jam atau lebih? 

Konon, hal ini memungkinkan daya tahan baterai lebih awet. Biasanya, ponsel dianjurkan dalam keadaan daya baterai kosong lebih dulu, kemudian baru diisi hingga kapasitas maksimal 100 persen.

Tujuannya adalah untuk memaksimalkan kapasitas baterai, sehingga di siklus pengisian daya yang berikutnya akan tetap maksimal. Namun, benarkah demikian?

BACA JUGA:Anda Pengguna GB Whatsapp? Anda Mesti Waspada!

HP baru harus dicas 8 jam dulu? 

Anjuran mengecas baterai ponsel selama 8 jam atau bahkan lebih sering terdengar puluhan tahun lalu. Kira-kira ketika era smartphone belum menjamur seperti hari ini. Kini, ponsel terutama smartphone tidak perlu dicas hingga 8 jam atau lebih. 

Mengapa demikian? Teknologi baterai dan pengisi daya di smartphone saat ini sudah sangat berkembang dan berbeda dari ponsel zaman dulu. 

Kebanyakan, ponsel zaman dulu menggunakan baterai dari material Nickel Cadmium. Baterai dengan material ini menyimpan memori dari status pengisian awal. Itu sebabnya, pengisian baterai pertama kali akan dijadikan patokan siklus pengisian daya berikutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: