Pemkot Lubuklinggau Sudah Siapkan Jalan Exit Tol, Namun Trase Jalan Tol Berubah

Pemkot Lubuklinggau Sudah Siapkan Jalan Exit Tol, Namun Trase Jalan Tol Berubah

Ilustrasi Tol Bengkulu Taba Penanjung--

BACA JUGA:Jika Tol Jambi - Palembang Selesai, Warga Muratara, Lubuklinggau dan Musi Rawas Lebih Cepat ke Lampung

Menurutnya, jika ingin masuk skala prioritas, tol harus melewati kawasan  industri. 

“Tanjung Enim kawasan industri, Pulau Bai Bengkulu juga kawasan industri. Sedangkan  Lubuklinggau kan baru rencana jadi kawasan industri,” ungkapnya.

Meski ada potensi pergeseran itu, tapi tetap diupayakan ada jaringan tersier dari tol tersebut menuju kabupaten kota wilayah sekitar Lubuklinggau. 

“Kita masih menunggu kapan pusat melakukan review ulang itu. Informasinya 2024 atau 2025,” ucap Asril.

BACA JUGA:Hitung Berapa Waktu Tempuh Jalan Tol Lubuklinggau Curup Bengkulu, Ini Jawabannya?

Untuk kelanjutan ruas tol Lubuklinggau – Bengkulu belum masuk prioritas. Secara umum, pengerjaan JTSS dibagi empat tahap. 

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo menjelaskan, saat ini HK masih fokus penyelesaian 8 ruas tol tahap 1.

Mana saja?  Ada Tol Sigli–Banda Aceh, Indrapura–Kisaran, Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat. Kemudian Indralaya–Muara Enim, Padang – Sicincin, Pekanbaru– Pangkalan,  Bengkulu–Taba Penanjung dan Binjai–Langsa.

“Pengerjaan tol Lubuklinggau – Bengkulu nantinya baru akan dilanjutkan pada tahap 4 pembangunan JTTS,” ujar Tjahjo. Begitu juga dengan pengerjaan ruas Prabumulih – Muara Enim.

BACA JUGA:Tol Palembang Bakauheni Kayu Agung Siapkan Rp700 Ribu, Ini Rinciannya

Khusus tol Indralaya – Prabumulih progres pembebasan lahannya sudah mencapai 96 persen. Untuk konstruksinya sekitar 85 persen. Ruas ini direncanakan selesai dan beroperasi pada Maret 2023.

Capaian ini terungkap saat Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan bersama Forkopimda melakukan pengecekan di wilayah Kecamatan Kelekar dan Muara Belida hingga exit tol Indralaya Ogan Ilir, akhir Desember 2022 lalu.

Menurut Site Operation Manager STA 37 PT HK selaku kontraktor jalan tol Indralaya-Prabumulih, Ismail, ruas Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 km (sesi 1) melintasi dua wilayah di Muara Enim yakni Kecamatan Kelekar dan Belide Darat.

Di Kelekar sepanjang 4,7 Km, melintasi Desa Suban. Sedangkan di Kecamatan Belide Darat sepanjang 4,6 Km melintasi Desa Tanjung Tiga, Desa Ibul dan Desa Gaung Asam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: