PPKM Dicabut, Begini Aturan Baru Naik Pesawat di Bandara Silampari dan Kereta Api

PPKM Dicabut, Begini Aturan Baru Naik Pesawat di Bandara Silampari dan Kereta Api

Bandara Silampari.--

LUBUKLINGGAU, LUBUKLINGGAU.CO.ID - Pemerintah sudah mencabut aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Begitu juga di Lubuklinggau. 

Namun Dinas Kesehatan Lubuklinggau mengingatkan agar warga tetap melakukan vaksinasi. 

Apalagi salah satu syarat berpergian menggunakan transportasi umum baik udara dan darat, yakni vaksinasi. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi menjelaskan meski PPKM telah dicabut, namun masyarakat dihimbau tetap waspada Covid-19. 

BACA JUGA:Selain Rhoma Irama, Ada Juga Andika Kangen Band, Siapkan Lirik Lagu Dakwa dan Nostalgia

"Dicabutnya aturan PPKM ini artinya kita tidak dibatasi lagi untuk melakukan kegiatan ramai-ramai. Tapi tetap kita rekomendasikan untuk tetap prokes, dan prilaku hidup bersih dan sehat," kata Erwin, Rabu 4 Januari 2023.

Dia mengatakan, situasi aturan perjalanan, saat ini tetap aturan lama, misalnya harus sudah divaksin, menggunakan masker dan sebagainya. 

"Begitupun apa yang dilakukan Dinkes tetap melakukan vaksinasi covid-19. Baik di puskesmas maupun program vaksin di mall dan di taman olahraga tetap jalan," katanya.

Sekarang ini, memang ada tren kasus covid-19 ini sangat turun. Tapi belum bisa dikatakan habis. Belakangan saja ada kasus covid-19 di Lubuklinggau, tapi gejala ringan. Tidak sampai dirawat.

BACA JUGA:Ini Tempat Favorit Rhoma Irama di Lubuklinggau, Tak Disangka

"Kondisi tidak ada gejala berat, tapi tes covid-19 positif. Maka kita tetap rekomendasikan prokes, yang batuk filek pakai masker," katanya.

Sementara itu, Humas Bandara Silampari Lubuklinggau, Subandi enjelaskan terkait dengan dicabutnya PPKM pihaknya tetap menerapkan aturan prokes Covid-19 sebagai syarat untuk penerbangan. 

Penumpang pesawat tetap memakai masker, vaksin dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi.

"Kalau PPKM itu kan pembatasan. Kalau persyaratan terbang tetap dengan pakai masker, vaksin, menunjukan aplikasi Peduli Lindungi. Itu masih. Jadi PPKM itu pembatasan untuk ruang terbuka. Jadi ketika kita naik pesawat di area tertutup, itu masih," jelas Subandi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: transportasi