UNPARI MoU Bersama Lembaga Adat dan Museum Subkoss Garuda

UNPARI MoU Bersama Lembaga Adat dan Museum Subkoss Garuda

KERJASAMA : Rektor UNPARI Dr H Rudi Erwandi, Ketua Lembaga Adat Kota Lubuklinggau H Rahman Sani, dan Koordinator Pengelola Museum Subkoss Garuda Sriwijaya Lubuklinggau Eva Kusmalwati foto bersama usai penandatanganan naskah kerjasama di Meeting Room Lanta--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Universitas PGRI Silampari (UNPARI) kembali menjalin kerjasama yakni dengan instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, maupun pihak swasta. 

Sudah lebih dari 30 lembaga yang bekerjasama dengan kampus yang terletak di Jalan Mayor Toha, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur 1 ini. 

Kali ini Kamis 29 Desember 2022 menjalin kerjasama bersama Lembaga Adat Kota Lubuklinggau dan Museum Subkoss Garuda Sriwijaya Lubuklinggau

Penandatanganan naskah MoU dilakukan Rektor UNPARI Dr H Rudi Erwandi dengan Ketua Lembaga Adat Kota Lubuklinggau H Rahman Sani dan Koordinator Pengelola Museum Subkoss Garuda Sriwijaya Lubuklinggau Eva Kusmalwati di Meeting Room Lantai 2 UNPARI. 


Koordinator Pengelola Museum Subkoss Garuda Sriwijaya Lubuklinggau Eva Kusmalwati dan Rektor UNPARI Dr H Rudi Erwandi menunjukkan naskah kerjasama yang telah mereka tandatangani, kemarin--

Kemudian, disaksikan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr Yohana Satinem, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan H Sukasno, dan sejumlah dosen.

Rektor UNPARI Dr H Rudi Erwandi menjelaskan MoU ini antar institusi. Sementara nanti  MoE-nya ditindaklanjuti masing-masing program studi di UNPARI.

“Untuk kerjasama ini kami lakukan, karena UNPARI peduli dengan apa yang jadi program museum. Museum juga sumber ilmu bagi dosen dan mahasiswa UNPARI. Ke depan, kolaborasi akan makin erat. Dosen dan mahasiswa bisa menggali ilmu dengan melakukan penelitian atau kegiatan apapun di sana,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan Lembaga Adat Kota Lubuklinggau, kata Rudi, MoU ditandatangani sebagai komitmen UNPARI yang juga peduli pada pelestarian adat dan budaya Kota Lubuklinggau.

BACA JUGA:Dosen UNPARI Sosialisasikan Pembuatan Biodiesel dari Jelantah

“Bukan hanya karena kami punya Prodi Pendidikan Sejarah, tapi semua prodi bisa berkolaborasi dengan Lembaga Adat Kota Lubuklinggau maupun Museum Subkoss Garuda. Baik Prodi Desain Komunikasi Visual, Prodi Ilmu Komputer, Prodi Kewirausahaan, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi PGSD, Prodi Penjaskesrek, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Sistem Informasi, Prodi Sosial Ekonomi Pertanian, maupun Prodi Teknologi Informasi. Sebenarnya rencana MoU ini sudah lama. Namun baru bisa terealisasi kemarin,” jelasnya.

Dikatakannya, MoU ini harus segera ditindaklanjuti dengan MoE. Agar dampak positifnya bisa segera dirasakan kedua lembaga yang saling menjalin kerjasama. Ia berharap, dengan adanya MoU ini, keberadaan UNPARI bisa memberikan manfaat bagi lembaga-lembaga maupun instansi di LubukLinggau dan sekitarnya. Sebab sebelum-sebelumnya, UNPARI juga sudah menjalin kerjasama dengan instansi, seperti perguruan tinggi, Lapas Kelas IIA Lubuklinggau, perbankan, Harian Pagi Linggau Pos, dan masih banyak lagi.

Menanggapi adanya MoU ini, Ketua Lembaga Adat Kota Lubuklinggau H Rahman Sani mengaku sangat bersyukur. Dengan demikian, Lembaga Adat diharapkan bisa memberikan manfaat untuk kemajuan UNPARI. Disamping itu, peran UNPARI bisa membantu lembaga adat dalam melaksanakan program-programnya, termasuk mengedukasi masyarakat menaati adat istiadat dan norma, juga membangun generasi yang peduli pada pelestarian adat lokal di Kota Lubuklinggau.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: