Mau Liburan Natal dan Tahun Baru ke Bengkulu, Bisa Lewat Jalan Tol Gratis

Mau Liburan Natal dan Tahun Baru ke Bengkulu, Bisa Lewat Jalan Tol Gratis

Petugas di jalur Tol Taba Penanjung - Bengkulu. Untuk natal dan tahun baru, tol ini gratis--

BENGKULU, LINGGAUPOS.CO.ID – Libur sekolah sudah hampir sepekan, perayaan natal 2022 dan tahun baru 2023 tinggal beberapa hari lagi. 

Bengkulu merupakan salah satu tujuan liburan warga Musi Rawas, Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara (Muratara).

Bagi yang mau ke Bengkulu untuk liburan, sekarang aksesnya semakin baik. Karena jalan tol sudah selesai dibangun, dibuka untuk umum guna dilintasi pengendara.

Tol ini mulai dibuka Jumat 23 Desember 2022 pukul 08.00 WIB. Pengendara yang melintasi tol ini juga tidak dipungut biaya, alias gratis.

BACA JUGA:Hari ini Tol Lubuklinggau – Curup Bengkulu Seksi 3 Dibuka

Tol ini adalah jalur Taba Penanjung – Bengkulu yang dikelola oleh PT Hutama Karya.

 Pembukaan tol ini sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1482/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Lubuk Linggau - Curup Bengkulu Seksi 3 (Bengkulu – Taba Penanjung).

Makanya, PT Hutama Karya (Persero) secara resmi akan mengoperasikan tanpa tarif jalan tol sepanjang 17,60 KM mulai Jumat 23 Desember 2022 tepatnya pukul 08.00 WIB..

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, Hutama Karya sebelumnya telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada tanggal 13 – 14 April 2022.

BACA JUGA:Ini 7 Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kepahiang Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Kemudian uji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen Mudik Lebaran 2022 lalu, dimana telah dilalui lebih dari 45 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan.

“Sesuai arahan regulator, kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima Kepmen tersebut,” katanya.

“ Adapun untuk mendukung pengoperasiannya, kami telah menyiapkan fasilitas dan personel siaga diantaranya yakni 101 personel siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis & patroli,” tambahnya.

“Nantinya akan diberlakukan sistem one gate dengan melakukan satu kali tapping di Gerbang Tol (GT) Bengkulu di daerah Betungan,” tutur Koentjoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bengkuluekspress.com