Dinkes Lubuklinggau Ajak Masyarakat Cegah Demam Berdarah

Dinkes Lubuklinggau Ajak Masyarakat Cegah Demam Berdarah

Tim Promosi Kesehatan Puskesmas Megang mengadakan kegiatan Penyuluhan dan penyebarluasan informasi kesehatan mengenai Penyakit Demam Berdarah --

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Lubuklinggau mengajak warga untuk mencegak demam berdarah. Karena selama Desember 2022, hujan terus menguyur Kota Lubuklinggau.

Kadinkes Lubuklinggau Erwin Armeidi, mengatakan demam berdarah merupakan penyakit yang perlu di waspadai karena dapat menyebabkan kematian.

"Musim hujan atau peralihan musim seperti sekarang ini sangatlah rentan terhadap penularan penyakit demam berdarah," jelasnya, Kamis 8 Desember 2022.

IDemam Berdarah disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang berkembang di daerah tropis dan subtropics.

"Banyaknya genangan air pada musim hujan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. Infeksi virus dengue ringan dapat menyebabkan demam tinggi, ruam merah pada kulit dan nyeri pada otot," jelasnya.

Demam berdarah dengue masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Tingkat terjangkitnya penyakit ini merata diseluruh Indonesia.

Seperti di Puskesmas Megang, pada 2022, angka kasus DBD diwilayah kerja Puskesmas Megang mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: