Ketiak Hitam, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketiak Hitam, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara mencerahkan ketiak hitam--Freepik--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Ketiak atau dalam bahasa Latin disebut axilla merupakan daerah lipatan tubuh manusia yang menghubungkan lengan atas dengan bahu.

Ketiak dikenal sebagai salah satu bagian tubuh yang sensitif saat digelitik dan sebagai salah satu bagian tubuh yang agak tersembunyi.

Tak sedikit orang yang menganggap bahwa ketiak hitam terjadi akibat kebiasaan mencukur bulu ketiak. Padahal, ketiak hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Oleh karena itu, cara mengatasinya pun dapat berbeda-beda.

Warna kulit ketiak seharusnya sama seperti warna kulit di bagian tubuh lain. Namun, pada beberapa orang, kulit di bagian ketiak bisa tampak menghitam.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Mulai Desember 2022 Yatim Piatu Dapat Bansos Rp200 Ribu Setiap Bulan

Kulit ketiak hitam bisa membuat rasa percaya diri menurun.

Hal ini karena ketiak hitam dianggap kurang enak dipandang dan mengganggu penampilan, apalagi saat mengenakan pakaian yang tidak menutupi lengan (tank top).

 

Kalau sudah seperti itu, tentunya kita akan berusaha untuk menutupinya dan tidak memperlihatkan ketiak kita kepada orang bukan?

Membicarakan Penyebab Ketiak Hitam, tentunya ada banyak sekali.

BACA JUGA:Area Terlarang Janda Muratara Iritasi, Penyebabnya Bikin Masuk Penjara

Mulai dari kelainan dari tubuh kita, hormon, bahkan masalah yang terjadi pada kulit.

Itu adalah beberapa penyebab yang berasal dari dalam tubuh kita, dan kalau ingin mengatasinya, kita harus mendapatkan suatu pengobatan yang benar. 

Namun, penyebab yang lebih banyak dan sering membuat Ketiak Hitam pada kita ialah yang berasal dari luar tubuh loh.

Penyebab Ketiak Hitam yang berasal dari luar tubuh tersebut bahkan sering tidak kita sadari dan kita anggap remeh. 

BACA JUGA:Durian Tarmidji

Karena kita tidak menyadarinya, tentu saja Ketiak yang kita miliki akan semakin menghitam dan membuat kita menjadi semakin tidak percaya diri. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus tahu terlebih dahulu apa hal yang dapat menyebabkan Ketiak Hitam.

Seperti janji kami, kami akan memberitahu kalian mengenai beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ketiak itam dan tidak kita sadari, berikut penjelasannya :

1. Salah Produk

BACA JUGA:Hasil Inggris vs Prancis: Skor 1-2, Les Bleus Tantang Maroko

Pasti ada banyak orang yang menggunakan produk ketiak seperti deodoran untuk membuatnya tetap segar dan tidak mengeluarkan bau tidak sedap. 

Tapi tahukah kalian bahwa produk seperti deodoran ini bisa menyebabkan Ketiak Menjadi Hitam? 

Deodoran adalah salah satu produk yang mengandung banyak sekali bahan kimia.

Apabila kalian menggunakan secara sembarang, maka bisa memberikan dampak Ketiak Gatal bahkan iritasi pada Permukaan Ketiak. 

BACA JUGA:Prancis Sementara Unggul Atas Inggris 1-0 di Babak Pertama

Jika kalian tetap membiarkan dan tetap menggunakannya, maka lama kelamaan Ketiak kalian akan menjadi hitam. Sabun yang tidak cocok dengan kalian juga bisa menyebabkan iritasi pada ketiak dan membuatnya menjadi hitam juga. 

Maka dari itu, pastikan produk yang kalian gunakan tidak salah dan cocok dengan kulit yang kalian miliki ya.

2. Sel Kulit Mati Yang Menumpuk

Seperti yang sudah banyak orang tahu, bahwa penumpukan sel kulit mati, akan menyebabkan kulit menjadi hitam. Hal tersebut juga berlaku pada Ketiak kalian loh. 

BACA JUGA:Hasil BWF World Tour Finals 2022: Tekuk Jojo Lagi, Ginting ke Final

Apalagi ketika kalian menggunakan produk deodoran setiap harinya yang bisa membuat terjadinya penumpukan sisa produk deodoran tersebut dicampur dengan debu yang beterbangan, keringat, serta kotoran lain yang akhirnya menyebabkan penumpukan sel kulit mati pada ketiak.

Maka dari itu, rajinlah membersihkan ketiak kalian agar hal tersebut tidak terjadi ya.

3. Sering Mencukur Dengan Salah

Rambut yang berada di Ketiak juga kebanyakan membuat orang menjadi tidak percaya diri. 

BACA JUGA:Liga 1: Prediksi Barito Putera vs Dewa United, Duel Tim Terluka

Itulah yang membuat mereka sering mencukurnya dengan rutin. Tapi mereka tidak memastikan bahwa cara mencukur yang mereka gunakan itu sudah benar atau masih salah. 

Ingat, ketika kita salah saat Mencukur Bulu Ketiak, maka hal tersebut bisa menyebabkan Ketiak Hitam.

4.Baju Ketat

Selalu menggunakan baju dengan ukuran ketat juga bisa menjadi salah satu Penyebab Ketiak Hitam. Karena baju ketat tersebut bisa menimbulkan gesekan pada kulit Ketiak dan menyebabkan kulitnya menjadi tampak lebih gelap. 

BACA JUGA:Liga 1: Prediksi Arema FC vs Persis Solo, Tampil Menyerang Sedari Awal Laga

Tips Mudah Mengatasi Ketiak Hitam

Ketika kita sudah mengetahui apa saja hal yang bisa menyebabkan Ketiak Hitam, maka kita bisa dengan mudah juga mencari solusi untuk mengatasinya.

Dengan begini, kalian bisa membuat Ketiak menjadi tampak lebih cerah dan mengembalikan kepercayaan diri yang telah hilang sebelumnya. Tips Mengatasi Ketiak Hitam antara lain:

-Mulai perhatikan produk yang akan kalian gunakan. 

BACA JUGA:Hasil Maroko Vs Portugal: Kandaskan Seleccao 1-0, Singa Atlas Maju ke Semifinal!

Jangan meneruskan menggunakan produk yang dapat membuat kulit kalian merasa gatal atau tidak nyaman. Hal tersebut juga bisa menjadi pertanda bahwa produk tersebut tidak cocok dengan kalian.

-Lakukan Scrubbing pada bagian Ketiak kalian. Kita juga tahu bahwa kegiatan satu ini bisa membuat kulit menjadi lebih putih. 

Begitu pula jika kita melakukannya terhadap Ketiak kita. Tapi jangan menggosoknya dengan kasar melainkan lakukan dengan lembut.

-Saat berniat Mencukur Rambut Ketiak, selalu basahi terlebih dahulu dengan air hangat dan selalu gunakan krim cukur. 

BACA JUGA:Manfaatkan Perkarangan, Pondok Pesantren Al-Haadi Lubuklinggau Budidaya Madu Trigona

Hal tersebut agar kulit Ketiak tidak menjadi iritasi yang bisa membuatnya menjadi hitam.

-Jika kalian ingin menggunakan produk sejenis Masker Ketiak, usahakan untuk menggunakan yang berbahan alami saja. Contohnya seperti campuran kulit jeruk dengan minyak kelapa, jus lemon, atau campuran mentimun dengan madu. Kalian juga bisa memakainya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

-Yang pasti jangan sering menggunakan pakaian yang terlalu ketat bagi tubuh, apalagi kalau kalian sedang melakukan aktivitas yang banyak bergerak dan berat. Kalau bisa, kalian harus menghindarinya dan mulailah memakai pakaian yang longgar. 

Mudah-mudahan tips yang kami berikan ini dapat membantu masalah kalian perihal Ketiak Hitam ya. 

BACA JUGA:Murah Meriah, Berikut 20 Warung Ayam Geprek di Lubuklinggau

Semoga kalian yang mengikuti tips ini juga bisa mendapati hasil Ketiak yang menjadi semakin cerah dan juga membuat kalian untuk lebih percaya diri lagi.(Berbagai sumber) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id