MotoGP 2023: Sprint Race, Ide Gila dan Bodoh, Bikin Makin Stres!

MotoGP 2023: Sprint Race, Ide Gila dan Bodoh, Bikin Makin Stres!

-Twitter.com/motogp/-

LINGGAUPOS.CO.ID - MotoGP 2023, FIM dan Dorna Sports sudah dipastikan akan menjalankan format baru, yaitu sprint race.

Di mana sprint race akan ditambahkan pada hari Sabtu pukul 15.00 sore setelah sesi kualifikasi.

Dengan mengatasnamakan misi memanjakan penggemar, siapa sangka malah mereka ditentang oleh kebanyakan pembalapnya sendiri?

Kehebohan soal sprint race terjadi di sela MotoGP Austria pada Agustus 2022. FIM dan Dorna tahu-tahu mengumumkan pengadaan sprint race untuk 2023.

BACA JUGA:Hasil Jepang vs Spanyol: Skor 2-1, Jepang Juara Grup, Spanyol Runner Up

Sudah diterapkan di WorldSBK dan Formula 1, sprint race akan digelar di setiap pekan balap dalam 21 seri yang tersaji dalam kalender balap MotoGP 2023.

Posisi start sprint dan main race ditentukan sesi Kualifikasi 1 (Q1) dan Kualifikasi (Q2). Selain itu, alokasi mesin dan ban per musim tak mengalami perubahan.

Poin yang tersaji di sprint race juga hanya diterima sembilan rider terbaik dan jumlahnya setengah dari poin yang tersaji di main race pada hari Minggu.

Namun, gagasan ini ternyata ditentang kebanyakan rider, utamanya karena meningkatkan risiko kecelakaan dan cedera, serta stres pada mental mereka.

BACA JUGA:Hasil Kosta Rika vs Jerman: Skor 2-4, Menang Tapi Tak Lolos

Ada yang tak segan menyebut ini sebagai ide gila dan bodoh, ada pula yang bertekad minta pengurangan jadwal balapan. Inilah komentar kontra pada sprint race dari para rider MotoGP.

  • Alex Marquez

"Ini sebuah kegilaan, tetapi kegilaan adalah pertunjukan. Jika penambahan balapan bikin fans lebih bersenang-senang, maka kami bersedia melakukannya, demi menyajikan pertunjukan yang baik.

"Memang, 42 balapan agak sedikit gila. Namun, kami harus membiasakan diri. WorldSBK bahkan punya tiga balapan (per seri). Awalnya pasti berbeda, tapi nantinya pasti bakal normal."

  • Miguel Oliveira

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: