7 Kelebihan Menggunakan Sistem Aplikasi Absensi Online untuk Perusahaan

7 Kelebihan Menggunakan Sistem Aplikasi Absensi Online untuk Perusahaan

--

 

Aplikasi absensi ini memiliki sistem keamanan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan absensi dengan menggunakan manual. Hal ini dikarenakan mereka biasanya menggunakan sistem GPS fetching, pengenalan wajah, sidik jari, dan PIN. Dengan demikian karyawan atau pegawai tidak dapat memanipulasi absensi.

 

7. Mudah digunakan

 

Dengan absensi secara online sehingga para karyawan atau pegawai dapat melakukan absen dengan cara yang mudah. yaitu dengan memasukkan PIN dan juga berfoto dengan ponsel yang mereka miliki atau dengan menggunakan aplikasi absensi yang telah disediakan.

 

Sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila fingerprint menolak absensi, atau mati listrik. karena semua itu dapat Anda lakukan dengan menggunakan ponsel Anda. tidak hanya itu saja pihak manajer dan juga pemilik usaha akan dimudahkan dalam mengekspor data karyawan melalui ponsel yang dapat diakses kapan saja.

 

Kekurangan Aplikasi Absensi Online

Selain dengan beberapa kelebihan di atas, aplikasi absensi online ini pun memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki absensi online.

 

1. Bergantung dengan Kualitas Ponsel Karyawan

 

Hal ini dikarenakan apabila smartphone yang dimiliki oleh karyawan kurang berkualitas akan mempengaruhi fungsi ponsel dengan optimal.

 

Paling tidak dapat digunakan untuk mengakses kamera, layanan lokasi yang berasal dari ponsel sehingga dapat bekerja dengan baik. Karena untuk melakukan absensi karyawan membutuhkan selfie yang harus dilengkapi dengan data waktu dan lokasi.

 

2. Terhambat Sinyal Internet

 

Salah satu yang dapat menghambat kinerja aplikasi absensi online adalah sinyal internet. Dalam melakukan absensi para karyawan harus ‘online’ untuk merekam kehadiran. Apabila Anda berada di daerah yang tidak memiliki sinyal internet yang baik, maka Anda pasti akan kesulitan dalam merekam kehadiran.

 

3. Biaya Perawatan yang Mahal

 

Absensi menggunakan cara online ini tentu membutuhkan biaya yang digunakan untuk melakukan perbaikan dan juga perawatan absensi pemindai sidik jari yang tentunya relatif lebih mahal. Hal ini dikarenakan alat sidik jari menggunakan teknologi khusus. Apabila terjadi kerusakan pun maka akan membutuhkan biaya yang cukup banyak.

 

Aplikasi Absensi Online yang Direkomendasikan

 

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan sistem absensi secara online, bagi Anda yang mencari rekomendasi software aplikasi absensi online terbaik adalah melalui https://talenta.co.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: