Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Pembukuan Android

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Pembukuan Android

Aplikasi Pembukuan Android--

LINGGAUPOS.CO.ID - Hal paling krusial dalam mengelola sebuah bisnis adalah bagaimana pemilik bisnis mengelola keuangannya dengan baik agar perusahaan bisa terus berjalan.

Tentunya pengelolaan yang baik dan tepat atas sumber daya yang paling penting bagi pelaku bisnis, yaitu modal, harus didasari pada data.

Pasalnya, tanpa data dan informasi yang jelas, perusahaan akan kesulitan untuk menentukan langkah selanjutnya serta mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.

Data dan informasi yang dibutuhkan oleh pemilik bisnis atau pemangku kepentingan lainnya yang biasa membuat keputusan dalam sebuah perusahaan.

BACA JUGA:Cara Memakai Web Efaktur dan Manfaatnya untuk Bisnis

Data yang dikumpulkan tersebut akan dibuat dalam bentuk laporan akuntansi.

Ini sebabnya, pengerjaan akuntansi harus dilakukan secara teliti dan detail agar laporan yang dihasilkan pun benar-benar memenuhi fungsi optimalnya.

Termasuk dengan penggunaan aplikasi pembukuan android.

Peran akuntansi bisa dibilang menjadi ujung tombak dalam mengelola sebuah bisnis.

BACA JUGA:9 Manfaat Menggunakan Software Penggajian Online untuk Perusahaan

Sebab, tanpa adanya pencatatan laporan keuangan yang akurat maka kegiatan pemasaran serta operasional bisnis lainnya akan menjadi tidak terukur.

Hal ini tentu saja berakibat pada perusahaan tidak mengetahui kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya.

Tak sedikit kasus bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak mampu mengelola keuangannya dengan bijak dan laporan keuangan yang kurang memadai.

Sekarang ini, saat dimana teknologi semakin berperan penting dalam memudahkan kehidupan masyarakat termasuk pemanfaatan teknologi dalam bidang akuntansi.

BACA JUGA:Apa Itu Aplikasi Pencatatan Penjualan dan Apa Manfaatnya untuk Bisnis?

Salah satunya berupa software akuntansi yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan segala transaksi yang dilakukannya dengan lebih mudah, akurat, dan terpercaya.

Penggunaan software akuntansi oleh perusahaan sangat direkomendasikan karena software ini berfungsi untuk secara otomatis mencatat transaksi apa saja yang dilakukan, mengintegrasikannya dengan data serta informasi lain, dan dapat diakses secara langsung oleh pemangku kepentingan.

Dengan adanya akses untuk memonitor operasional bisnis secara real-time melalui software akuntansi, kekhawatiran akan pemalsuan data transaksi maupun penyelewengan dapat diminimalisir atau bahkan kemungkinan tersebut dapat dicegah.

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Pembukuan Android

BACA JUGA:Tahukah Kamu, 13 November 32 Tahun yang Lalu Diciptakan Halaman Website

Seperti yang telah disebutkan di atas beberapa keuntungan jika kita menggunakan Software akuntansi sangat banyak.

Di antaranya seperti pencatatan transaksi perusahaan secara otomatis, mengintegrasikan data transaksi perusahaan dengan informasi lainnya.

Cara tersebut juga memungkinkan pemangku kepentingan untuk memonitor performa keuangan perusahaannya secara real-time dari mana saja.

Dengan begitu, penggunaan software akuntansi dapat menghemat waktu Anda hingga berjam-jam jika dibandingkan dengan memonitornya atau membuat laporan secara manual.

BACA JUGA:Mau Gaji Harian dari Snack Video, ini Caranya

Software akuntansi juga mampu mengurangi atau menghilangkan entri data yang berlebihan, contohnya seperti memasukkan alamat pelanggan pada quotation dan kemudian membuat dokumen pemesanan lalu invoice.

Jika kamu mengelola bisnis dengan pendapatan serta operasional yang masih sederhana mungkin masih belum terlalu membutuhkan software ini.

Namun, untuk pelaku usaha yang mengelola bisnis yang terus berkembang mereka harus mengelola inventaris atau persediaan barang serta harus menangani jumlah pelanggan dan karyawan yang tidak sedikit secara bersamaan.

Penggunaan software akuntansi, terutama yang berbentuk online, dapat mempermudah pekerjaan kamu dengan menghemat waktu yang harus dihabiskan dalam mengurusnya dan kamu juga akan memiliki laporan keuangan yang lebih akurat.

BACA JUGA:Ini 15 Cara Menghasilkan Uang dari HP, Kamu Bisa Coba

Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Android

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari penggunaan software akuntansi pada perusahaan, selanjutnya pemilihan software akuntansi yang tepat sangat diperlukan agar penggunaannya dapat dioptimalkan dalam mendukung operasional bisnis perusahaan.

Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu cara memilih software akuntansi yang tepat seperti beberapa di bawah ini:

1. Pertimbangkan Kebutuhan Perusahaan

BACA JUGA:Dicoba Yuk, Ini Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Sebelum memilih software akuntansi yang akan digunakan, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja yang sebenarnya dibutuhkan perusahaan.

Cara ini dilakukan agar software yang digunakan dapat mendukung perkembangannya.

Hal ini dikarenakan setiap software akuntansi menawarkan fitur yang berbeda-beda sehingga kamu harus memastikan memilih fitur yang bisa lebih pas bagi perusahaan.

Dengan memahami apa saja kebutuhan perusahaan yang sebenarnya, kamu bisa mempersempit pilihan software akuntansi yang tepat.

BACA JUGA:Mengenal Aplikasi CRM, Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Penerapannya

Cara terbaik untuk mengetahui software akuntansi seperti apa yang tepat untuk mendukung operasional bisnis kamu adalah dengan memahami bagaimana bisnis beroperasi, lalu lakukan riset terlebih dahulu berbagai jenis software yang ada di pasaran.

Ada berbagai macam pilihan software akuntansi yang tersedia, termasuk software yang fiturnya dirancang khusus atau disesuaikan dengan operasional bisnis suatu perusahaan.

2. Kelengkapan Fitur

Setelah mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan, menentukan fitur apa saja yang harus ada pada software akuntansi yang akan digunakan merupakan langkah yang paling penting.

BACA JUGA:Seberapa Peka Kamu dan Pasangan? Cek Link Soal Ujian Kepekaan yang Ramai di TikTok

Penentuan fitur-fitur ini pun bisa dikonsultasikan dengan tim kamu terlebih dahulu, karena mungkin tim kamu ada yang mengetahui fitur yang belum terpikirkan.

Hal ini juga untuk meminimalisir adanya fitur yang harus ditambahkan setelahnya sehingga memungkinkan kamu harus mengeluarkan budget yang lebih besar lagi.

Selain itu, akan lebih baik untuk mencari penyedia software akuntansi yang juga bisa memberikan Anda konsultasi mengenai fitur-fitur yang tepat bagi operasional bisnis.

Berikut beberapa fitur-fitur yang biasanya digunakan oleh bisnis kecil menengah:

BACA JUGA:Jangan Panik! 4 Cara Ini Perbaiki HP yang Terendam Air

• Inventory management 

• Budgeting

• Sales Tracking

• Payroll

BACA JUGA:Sebucin Apa Kamu, Tes Bucin yang Viral di TikTok, Hanya Pakai HP, ini Linknya

• Accounting 

  Tax

• Customer contacts management

Sebagai informasi tambahan, beberapa software akuntansi dibuat secara spesifik untuk industri tertentu, seperti manufaktur, konstruksi, dan distributor grosir.

BACA JUGA:Simak, Ini Cara Tambah Followers Instagram Secara Organik, 100 Persen Berhasil!

Apabila bisnis yang kamu kelola beroperasi di industri yang memerlukan fitur-fitur tertentu, mungkin ada software akuntansi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Penting juga untuk menentukan jenis aplikasi pembukuan android yang akan digunakan. Sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan aplikasi pembukuan android.

Aplikasi pembukuan android merupakan aplikasi pembukuan android yang berbasis web pada jaringan internet yang sudah pasti aman.

Selain itu, aplikasi pembukuan android dapat diakses dari beberapa perangkat sekaligus. Dengan berbasiskan internet, Anda juga tidak perlu repot menginstall aplikasi pada perangkat yang digunakan.

BACA JUGA:Industri Apa Saja yang Perlu Menggunakan Sistem ERP?

3. Layanan Support yang Memadai

Poin penting lainnya yang harus dipastikan adalah apakah penyedia aplikasi pembukuan android yang akan digunakan memiliki layanan bantuan yang memadai. Mengimplementasikan serta menjalankan sebuah software ada kalanya menemui kendala-kendala tertentu.

Oleh karena itu, sangat penting bagi penyedia aplikasi pembukuan android yang bekerjasama dengan perusahaan kamu untuk memberikan layanan bantuan yang baik.

Layanan support ini tidak hanya diberikan ketika kamu menemui kendala, tetapi juga memberikan saran atau konsultasi proses bisnis, membantu proses implementasi software dan juga setup accounting.

BACA JUGA:4 Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Aplikasi Sistem HRD Bagi Perusahaan

4. Harga yang Sesuai

Mungkin bagi perusahaan fitur-fitur sesuai yang dibutuhkan memang penting, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan pentingnya jumlah nominal yang harus dihabiskan oleh perusahaan.

Pada umumnya, pihak management tidak akan keberatan untuk mengeluarkan budget yang sesuai dengan kualitas serta layanan yang baik yang akan didapatkan oleh perusahaan.

Jadi, pastikan memilih aplikasi pembukuan android yang penyedianya dapat memberikan yang terbaik untuk mendukung perkembangan perusahaan.

BACA JUGA:Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Aplikasi Presensi untuk Pantau Aktivitas Karyawan Perusahaan?

Tentunya Aplikasi pembukuan android yang kamu pilih dapat memudahkan operasional bisnis dengan harga yang sesuai.

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Android Terbaik

1. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal merupakan aplikasi pembukuan android dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya.

BACA JUGA:Whatsapp Down Langsung Jadi Trending Topik di Twitter, Pengguna Beralih ke Telegram

Tujuan Mekari Jurnal adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Mekari Jurnal hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Mekari Jurnal bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet.

BACA JUGA:iPhone 14 di Indonesia Resmi Dirilis, Simak Rincian Harganya

Menggunakan aplikasi pembukuan android ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Mekari Jurnal menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time.

Menariknya, Mekari Jurnal telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

• Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.

BACA JUGA:Ini Kelebihan dan Kekurangan GB WhatsApp Yang Harus Anda Ketahui

• Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.

• Cash link.

• Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.

• Manajemen Stok

BACA JUGA:5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Absen Serta Rekomendasinya

Dengan menggunakan Jurnal, kamu juga dapat mengakses data secara real-time, kapan pun dan di mana pun.

Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan android untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi pembukuan android Jurnal selama 14 hari melalui link berikut ini https://jurnal.id.

2. FreshBooks

FreshBooks adalah layanan akuntansi berbasis cloud yang dirancang khusus untuk bisnis kecil. Software ini memiliki beberapa fitur seperti faktur, pelacakan pengeluaran, pelacakan waktu, sejumlah laporan bisnis, bahkan opsi untuk mengambil pembayaran kartu kredit.

BACA JUGA:Yuk Dicoba Cara Menghilangkan Status Online di WhatsApp, Langkahnya Mudah

3. QuickBooks

Software berbasis cloud ini cukup dikenal dalam dunia akuntansi dan pembukuan.

Dikembangkan oleh Intuit, QuickBooks memiliki sejumlah produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis.

Beberapa di antaranya seperti QuickBooks Online, QuickBooks Live Bookkeeping, dan QuickBooks Desktop Pro.

BACA JUGA:Samsung Galaxy A33 5G Unggulkan Pengalaman

4. Xero

Layanan ini menawarkan pelacakan dan manajemen pengeluaran yang cerdas secara opsional di ponsel Android dan iOS.

Paket Xero Growing dapat digunakan untuk mengatasi masalah faktur, bank, atau tagihan.

Dengan berlangganan 30 dolar per bulan, pengguna menerbitkan faktur dan memasukkan tagihan sebanyak mungkin.

BACA JUGA:Ridwan Mukti Bebas, Begini Reaksi Netizen di Media Sosial

5. Sage Business Cloud Accounting

Software ini mendapatkan modul untuk mengelola penawaran, faktur, menangani dan mengirimkan PPN secara online, umpan dan rekonsiliasi bank pintar, perkiraan arus kas, laporan terperinci, dukungan mata uang, hingga pelacakan proyek melalui ponsel atau desktop.

Nah, itu dia beberapa jenis accounting software yang biasa atau umum dipakai. Memilih aplikasi pembukuan android memang tak sembarangan.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan, baik dari aspek biaya, sumber daya, hingga kebutuhan jangka panjang.

BACA JUGA:Formula 1 2023: Mick Schumacher Out, Nico Hulkenberg Comeback

6. Kashoo

Software ini memiliki paket berlangganan per bulan atau tahunan. Namun, dana yang dikeluarkan setara dengan kualitas software ini yang hampir dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis.

Beberapa fitur dalam Kashoo seperti dukungan multi-mata uang dan transaksi kartu kredit untuk semua operator utama (Amex, Visa, dan Mastercard). Pengguna juga dapat menerbitkan faktur tak terbatas serta koneksi ke lebih dari 5.000 lembaga keuangan untuk rekonsiliasi akun online.

7. Zoho Books

BACA JUGA:Australian Open 2022: Tersisa Empat Wakil di Perempat Final

Zoho Books adalah layanan akuntansi berbasi cloud yang menawarkan segala macam solusi dalam menjalankan bisnis. Software ini cocok untuk seorang freelancer, pedagang tunggal, atau seseorang yang menjalankan bisnis kecil.

8. KashFlow

Layanan ini tidak hanya memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas akuntansi, namun juga dapat melakukan penggajian dan SDM.

Software ini memiliki beberapa paket dengan fungsi seperti kemampuan mengirim faktur dan rekonsiliasi transaksi bank.

BACA JUGA:Resmi! Sandy Walsh dan Jordi Amat Jadi WNI

Selain itu juga ada fungsionalitas penggajian yang terdapat pada paket berbayar. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: