Pecco Bagnaia Juara MotoGP, Nasib Rider VR46 Academy Lainnya Jadi Begini!

Pecco Bagnaia Juara MotoGP, Nasib Rider VR46 Academy Lainnya Jadi Begini!

Salah satu pembalap VR46 Academy.-twitter.com/VR46RacingTeam-

LINGGAUPOS.CO.ID - Valentino Rossi memang sudah mengakhiri karir balapnya di pentas grand prix kurang lebih 26 tahun.

Namun, Rossi telah meninggalkan warisan penting yang akan meneruskan langkahnya di dunia grand prix. Itu adalah akademi balap miliknya VR46 Academy.

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo 'Pergi', Manchester United Sudah Ikhlas

Sekolah balap di Tavullia itu bak mata air, yang akan terus menjadi sumber munculnya pembalap-pembalap handal di pentas grand prix dari negara asal Rossi, Italia.

Rossi membangun akademi tersebut pada 2013. Ada yang mengusik hatinya saat itu. Yakni, dominasi pembalap-pembalap Spanyol yang makin menjadi-jadi di pentas grand prix.

BACA JUGA:Ronaldo 'Hengkang', Manchester United Incar Vlahovic

Hati kecilnya berkata, pemuda-pemuda Italia juga mampu menyaingi dominasi para pembalap Spanyol jika ada wadah yang membimbing mereka dengan baik sejak junior.

Delapan tahun berselang, impian Rossi itu sudah menjadi kenyataan. Salah satu momen besar yang membuktikan juara dunia grand prix sembilan kali itu mampu menelurkan pembalap-pembalap Italia handal.

BACA JUGA:Joan Mir: Suzuki Pasti Menyesal!

Tahun 2022 adalah tahun yang besar bagi penggemar balap motor Italia. Pasalnya, Francesco Bagnaia dan Ducati berhasil merebut gelar dunia di MotoGP. Prestasi 'Pecco' ini tentunya juga bikin bangga VR46 Riders Academy, yakni akademi balap Valentino Rossi yang menaunginya sejak 2013.

Sebelumnya, VR46 Riders Academy sudah mengantongi dua gelar dunia, yakni di Moto2 2017 dan 2018 masing-masing lewat Franco Morbidelli dan Bagnaia. Namun, gelar kali ini adalah gelar dunia pertama VR46 di kelas para raja. Ini sesuai dengan impian Rossi mengorbitkan juara MotoGP baru asal Italia.

BACA JUGA:Ducati Sapu Bersih 9 Gelar di MotoGP 2022

Impian Rossi ini sebelumnya hampir terwujud lewat Morbidelli juga, saat ia tampil sangat garang pada 2020. Sayangnya, ia harus legawa duduk di peringkat runner up setelah dikalahkan Joan Mir. Namun, harapan memiliki juara dunia asal Italia dari VR46 Riders Academy akhirnya terwujud lewat Bagnaia musim ini.

Seperti yang diketahui, 4 dari 9 anak didik Rossi berlaga di kelas para raja. Sementara Bagnaia sukses menjuarai MotoGP 2022, bagaimana nasib tiga rider lainnya musim ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: