Catat, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah

Catat, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Hentikan sejenak pemakaian gadget berlebih dan perbanyak konsumsi makanan bergizi.-Pexels.com/lalesh aldarwish--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Kesehatan mata juga bisa turun seiring bertambahnya usia. Apalagi, jika tidak diimbangi dengan asupan yang sehat serta pola hidup yang teratur.

Banyak yang belum tahu bahwa menjaga kesehatan mata sangatlah penting, karena dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Kesehatan mata juga bisa turun seiring bertambahnya usia. Apalagi, jika tidak diimbangi dengan asupan yang sehat serta pola hidup yang teratur.

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang berperan sangat penting dalam kehidupan. Karena itu, kesehatan mata wajib dilakukan agar tidak berdampak buruk kedepannya.

BACA JUGA:Siswa Bunuh Siswa di BTS Ulu, ini Kata Kadis P3A Musi Rawas

Segala aktivitas sehari-hari tidak pernah lepas dari gadget. Efek dari penggunaan gadget berlebih akan berakibat tidak baik untuk mata, karena paparan sinar ultraviolet yang cukup berbahaya.

Banyak yang belum tahu bahwa menjaga kesehatan mata sangatlah penting, karena dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

1. Berhenti sejenak dari penggunaan gadget

Gadget sudah menjadi barang yang hampir tidak bisa jauh dari aktivitas sehari-hari. Setiap orang butuh handphone untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman-temannya.

Terkadang, seseorang menggunakan gadget terlalu lama hingga melebihi batas. Tentunya, mata akan cepat lelah dan kepala terasa pusing.

Tak hanya itu, efek lain yang ditimbulkan bisa berdampak pada anggota tubuh lain seperti nyeri leher, pereganggan otot dan sendi, dan nyeri pinggang.

Apabila suatu pekerjaan mengharuskan untuk selalu menatap layar komputer, usahakan untuk beristirahat setiap 15 hingga 20 menit agar mengurangi ketegangan pada mata.

2. Gunakan kacamata anti radiasi

Selain beristirahat, kamu juga bisa menggunakan kacamata anti radiasi agar mengurangi cahaya yang masuk ke mata. Kacamata anti radiasi sangat cocok digunakan saat bekerja di depan layar komputer.

Selain itu, kacamata hitam juga dapat digunakan saat di bawah terik matahari. Tujuannya agar menghalau cahaya berlebih dari paparan sinar ultraviolet.

3. Batasi konsumsi merokok

Kebiasaan merokok merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat. Namun, ada fakta mengerikan di balik konsumsi rokok yang berlebih.

BACA JUGA:Pria Mabuk di Lahat Aniaya Istri Gara-gara Judi Slot

Konsumsi rokok berlebih dapat mengganggu kesehatan paru-paru dan jantung. Tak hanya itu, rokok juga dapat memicu penyakit mata yang cukup tinggi.

Asap dari rokok sangat berbahaya apabila mengenai mata, karena mengakibatkan risiko katarak, degenerasi makula, kerusakan saraf optik dan bahkan menyebabkan kebutaan.

4. Selalu konsumsi makanan bergizi tinggi

Kesehatan mata dapat dilihat melalui asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Agar kesehatan mata tetap terjaga, selalu konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, lutein, lemak omega-3 dan zink.

Beberapa makanan tersebut dapat ditemukan dalam sayuran hijau, wortel, jeruk, telur, kacang-kacangan dan tuna.

5. Periksa kondisi mata secara teratur

Salah satu perawatan menjaga kesehatan mata adalah rutin memeriksakan kondisi mata ke dokter. Setiap orang dari kalangan usia disarankan memeriksa mata setiap 2 tahun sekali.

BACA JUGA:Mobil Listrik Pertama di Lubuklinggau, Ternyata Begini Spesifikasinya

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi mata seiring dengan bertambahnya usia, sehingga bisa terdeteksi dan dicegah sedini mungkin.

Selain itu, pemeriksaan mata juga untuk mendeteksi riwayat penyakit mata yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Dengan begitu, sang anak akan mendapat langkah penanganan yang cepat.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: