Jangan Panik! 4 Cara Ini Perbaiki HP yang Terendam Air

Jangan Panik! 4 Cara Ini Perbaiki HP yang Terendam Air

ilustrasi HP--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Biasanya pengguna smartphone akan langsung merasa panik ketika melihat ponselnya tak sengaja terendam air.

Karena kurang hati-hati, ponsel kesayangan malah jatuh ke air sehingga tidak bisa menyala lagi.

Begini tips dan trik memperbaiki handphone atau ponsel yan gsudah terlanjur terendam oleh air.

Ada beberapa komponen ponsel yang memang berdampak sangat bahaya apabila terendam air. Jadi, usahakan sebaik mungkin jangan sampai menjatuhkan atau menyiram ponsel dengan air.

BACA JUGA:Sebucin Apa Kamu, Tes Bucin yang Viral di TikTok, Hanya Pakai HP, ini Linknya

Akan tetapi ada beberapa cara simpel yang bisa Anda lakukan jika ponsel kalian sudah terlenjut terendam oleh air.

Dilansir dari laman Teknobe, berikut 4 cara memperbaiki ponsel yang sudah terendam air.

1. Lepaskan Baterai, SIM Card, dan Memory Card

Langkah berikutnya, segera lepaskan komponen yang dapat dilepas. Jika ponselmu masih bukan tergolong jenis baterai tanam, Anda bisa segera melepaskan baterai, kartu SIM, dan memory card yang terpasang di ponsel.

BACA JUGA:Penumpang Mobil dari Rupit Menuju Singkut Bawa Benda Berbahaya, Polisi Langsung Menangkap

Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut di area-area tersebut. Jangan lupa untuk melepaskan case atau cover dan casing ponsel yang terpasang untuk membantu memberikan “jalan keluar” bagi air dan memudahkan proses pengeringan.

2. Langsung Angkat HP dari Dalam Air

Air bisa masuk ke dalam komponen ponsel melalui celah-celah sempit seperti lubang jack earphone atau charger.

Jika ponselmu terjatuh ke dalam genangan air, tentunya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah langsung mengangkat ponsel dari dalam air secepat mungkin.

BACA JUGA:Ini Penjelasan Wahabi Menurut Ustaz Adi Hidayat

Hal ini untuk menghindari kemungkinan semakin banyak air yang berhasil merembes masuk ke dalam ponsel. Jika ponselmu terkena tumpahan air, segera jauhkan dari sumber air tersebut. Dan jika terkena air dalam keadaan sedang di-charge, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu baru ambil ponsel untuk menghindari risiko kamu kesetrum.

3. Keringkan Seluruh Bagian HP

Kemudian keringkan semua bagian ponsel baik luar maupun dalam. Yang pertama harus kamu pastikan segera kering adalah bagian layar atau LCD.

Sebab bagian ini adalah yang paling rentan rusak jika terkena air. LCD berisi filamen lunak dan umumnya tidak tahan pada kelembaban air, dan jika dibiarkan basah terlalu lama bisa muncul titik atau flek hitam di bagian layar LCD ponsel.

BACA JUGA:Susah Tidur? 4 Makanan Ini Bantu Atasi Insomnia

Dengan begitu Anda bisa menggunakan lap kering yang mudah menyerap air atau menggunakan penghisap udara seperti vacuum cleaner.

Namun, jangan mengarahkan corong terlalu dekat karena bisa menghasilkan listrik statis yang tentunya lebih berbahaya dari air. Selain itu, menjemur di bawah sinar matahari langsung juga tidak disarankan karena terlalu panas dan juga bisa merusak LCD atau layar bila dijemur dengan bagian depan menghadap atas.

4. Jangan Langsung Menyalakan HP

Cara mengatasi HP kemasukan air selanjutnya adalah jangan langsung menyalakannya.

BACA JUGA:Gadis yang Bugil di Medsos Diinformasikan TKI, Polisi Selidiki Penyebar Video

Kebanyakan orang yang panik akan langsung menyalakan ponsel untuk mengecek apakah ponsel tersebut masih tetap bisa berfungsi normal dan tidak terkena kerusakan parah karena air.

Padahal, saat terkena atau terendam air, kemungkinan besar air sudah ada yang masuk ke dalam beberapa bagian ponsel.

Sehingga besar kemungkinannya jika langsung kamu nyalakan, akan rentan terjadi korsleting yang merusak ponsel lebih jauh. Jika ponsel berada dalam keadaan hidup, juga segera matikan langsung untuk menghindari risiko tersebut.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: 4 Cara Simpel Perbaiki HP yang Terendam Air Dijamin Efektif!

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: