Ini Merek Sampo yang Ditarik Karena Menyebabkan Kanker

Ini Merek Sampo yang Ditarik Karena Menyebabkan Kanker

Ilustrasi keramas menggunakan sampo-wilkernet -Pixabay

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID - Perusahaan Unilever menarik beberapa merek sampo kering aerosol atau dry shampoo di Amerika Serikat (AS).

Produk-produk sampo itu ditarik karena potensi mengandung benzena, senyawa kimia yang dapat menyebabkan kanker.

Sejumlah produk sampo yang ditarik yakni sampo kering Dove hingga TRESemme karena ada potensi adanya benzena. 

Benzena adalah salah satu jenis bahan kimia yang tidak memiliki warna atau cairan kuning muda saat berada di dalam suhu ruang. Bahan kimia ini memiliki aroma yang manis namun sangat mudah terbakar.

BACA JUGA:Gelapkan Motor Mertua Hingga 2 Kali, Ini Modus Pelaku

Dampak Benzena bagi kesehatan tubuh bisa menyebabkan sela tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) AS mengumumkan telah menarik kembali total 19 produk aerosol sampo yang diproduksi sebelum Oktober 2021.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, paparan jangka panjang terhadap benzena juga dapat menyebabkan kanker pada manusia.

 “Unilever telah bekerja dengan pemasok propelan untuk mengatasi masalah ini. Produk yang ditarik didistribusikan secara nasional di Amerika Serikat. Pengecer telah diberitahu untuk menghapus produk yang ditarik dari rak,” kata perusahaan itu.

BACA JUGA:Dituding Tajir Gegara Jadi Simpanan Pejabat, Clara Shinta Klarifikasi

Paparan benzena melalui inhalasi, oral, atau melalui kulit dapat meningkatkan risiko kanker tertentu, termasuk leukemia dan kanker darah.

BPOM AS juga menyatakan konsumen harus berhenti menggunakan produk sampo kering aerosol yang terkena dampak dan mengunjungi UnileverRecall.com untuk instruksi tentang cara menerima penggantian untuk produk yang memenuhi syarat.

Evaluasi dampak kesehatan yang dilakukan secara independen menyimpulkan bahwa kadar benzena yang terdeteksi tidak menimbulkan risiko kesehatan. Namun, paparan tinggi benzena bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti leukimia.

Unilever Plc. juga menegaskan bahwa perusahaan tidak menggunakan benzena sebagai bahan dan menerapkan standar keamanan yang tinggi secara global.

BACA JUGA:Viral! Tiktoker Clara Shinta Dituding Jadi Simpanan Pejabat Penting di Indonesia

 “Kami mematuhi semua peraturan setempat dan memiliki standar kualitas dan keamanan ketat yang membatasi jumlah jejak benzena yang dapat terjadi karena keberadaan alaminya dalam bahan baku tertentu,” ujar Juru Bicara Unilever Plc.

Sementara di Indonesia, Unilever Indonesia memastikan bahwa produk sampo kering yang ditarik dari pasar Amerika Utara tidak beredar di Indonesia. 

Dalam pernyataan tertulis, manajemen Unilever Indonesia telah memastikan bahwa merek yang ditarik oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika, yaitu Dove, TRESemme, Nexxus, Suave, dan TIGI tidak berdampak ke pasar Indonesia. Penarikan tersebut dilakukan karena temuan kandungan benzena dalam produk yang berpotensi memicu kanker.

“Unilever Indonesia bukan bagian dari penarikan sampo kering ini dan tidak ada produk maupun pasar Unilever lainnya yang terkena dampak dari penarikan ini,” tulis Manajemen Unilever Indonesia dalam keterangan tertulisnya.*

Artikel ini sudah tayang di palpres.com dengan judul: Ini Deretan Merek Sampo yang Ditarik Karena Menyebabkan Kanker

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: