Suka Minum Teh? Ini Dampak Minum Teh Berlebihan, Bisa Begini

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Teh adalah salah satu minuman yang paling populer.

Minum secangkir teh panas dapat menenangkan, tetapi manfaat dari minuman ini tidak berhenti di situ.

Beberapa varietas teh yang paling digemari adalah teh hijau, teh hitam, dan teh oolong.

Minum teh memang dianjurkan bagi setiap orang. Anda yang biasa minum teh, bisa melakukannya kapan saja. Apakah pada pagi, siang, sore atau malam hari.

BACA JUGA:Wajib Ditonton 7 Rekomendasi Film Tentang Perselingkuhan, Sangat Mendebarkan!

Minum teh diketahui bisa membuat tenang perasaan seseorang.

Jika Anda hobi minum teh, sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Teh yang mengandung kafein dan theobromin, ternyata tidak boleh dikonsumsi lebih dari 200-300 mg setiap harinya. Sebab, jika mengonsumsi kandungan kafein secara berlebihan bisa menyebabkan penyakit jantung dan darah tinggi.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Gelisah

BACA JUGA:Inilah 13 Manfaat Morning Sex, Jadi Kapan Lagi, Inilah Waktunya!

Selain menyebabkan susah tidur, kafein juga akan memberikan dampak yang berbeda-beda pada setiap orang. Sebagian orang merasa gelisah, cemas, dan tidak tenang karena kandungan kafein dalam teh.

Beberapa orang juga merasa pusing, sakit kepala, dan dada berdebar-debar sehingga tubuh pun jadi sangat tidak nyaman.

2. Ketergantungan

Jika Anda terbiasa mengonsumsi minuman berkafein maka akan berisiko menyebabkan ketergantungan. Zat stimulan ini memang memiliki sifat candu sehingga kamu akan sulit untuk berhenti dan melepaskan kebiasaan itu.

BACA JUGA:Ini Identitas Wanita yang Todong Paspampres dengan Pistol

Orang yang sudah ketergantungan akan mengalami kesulitan berkonsentrasi, lemas, dan sakit kepala ketika berusaha untuk mengurangi konsumsi minuman dengan zat stimulan tersebut.

3. Susah tidur

Tidak hanya kopi yang dianggap menyebabkan susah tidur. Teh juga sama karena teh mengandung kafein yang cukup tinggi.

Satu cangkir teh hitam dan teh hijau mengandung sekitar 40 miligram kafein. Meskipun kadar kafeinnya lebih sedikit dari kopi tapi kalau diminum terlalu banyak risiko sulit tidur pun bisa Anda alami.

BACA JUGA:Awalnya Mengobati, Lihat Paha Mantan Anak Tiri, Dukun Lupa Diri

4. Osteoporosis

Minum teh ternyata meningkatkan risiko osteoporosis karena berkurangnya kepadatan tulang. Tulang yang sehat membutuhkan banyak kalsium, sedangkan minum teh hijau lebih dari tiga cangkir sehari bisa meningkatkan kadar kalsium yang terbuang dari tubuh melalui air seni.

5. Anemia

Risiko lainnya adalah anemia. Hal ini terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah dalam penyerapan zat besi dan gangguan perdarahan, kebanyakan minum teh bisa memicu anemia. Hal ini dikarenakan kandungan tanin pada teh dan bisa menggangu proses penyerapan zat besi pada tubuh.(genpi/jpnn)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: