4 Manfaat Luar Biasa Jus Apel

4 Manfaat Luar Biasa Jus Apel

Manfaat Jus Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh Manusia---Pixabay--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Buah apel adalah salah satu makanan yang sangat sehat, tetapi jus apel memiliki sisi pro dan kontra.

Namun, membuat jus mengurangi manfaat lain dari buah apel utuh, termasuk serat dan kemampuan untuk memuaskan rasa lapar.

Ketika apel dijus, kualitas hidrasinya dimaksimalkan, dan beberapa senyawa tanaman dipertahankan.

Dikutip dari laman Heathline, berikut ini adalah 4 manfaat buah apel jika sudah dijadikan minuman jus.

1. Mendukung hidrasi

Jus apel mengandung 88 persen air dan rasanya enak. Ini membuatnya mudah dikonsumsi, terutama bagi mereka yang sakit dan berisiko tinggi mengalami dehidrasi.

Faktanya, beberapa dokter anak merekomendasikan jus apel setengah kekuatan - campuran setengah jus, setengah air untuk anak-anak sakit yang mengalami dehidrasi ringan dan setidaknya berusia satu tahun.

Dalam sebuah penelitian terhadap anak-anak yang mengalami dehidrasi ringan dengan diare dan muntah, mereka yang ditawari jus apel encer memiliki kemungkinan 6,5 persen lebih kecil untuk membutuhkan cairan yang dikirim melalui pembuluh darah mereka daripada mereka yang diberi minuman elektrolit obat.

BACA JUGA:Pencuri Motor di Pedang Musi Rawas Diikat Warga

Meskipun minuman elektrolit diformulasikan secara khusus untuk rehidrasi, beberapa anak tidak menyukai rasanya dan tidak mau meminumnya. Mereka juga relatif mahal.

Jus apel encer adalah alternatif yang praktis dan menyenangkan untuk anak-anak, serta orang dewasa.

Pastikan untuk minum jus encer untuk rehidrasi, karena kandungan gula yang tinggi dari jus kekuatan penuh dapat menarik kelebihan air ke usus Anda dan memperburuk diare, terutama selama pemulihan dari penyakit.

Dalam kasus dehidrasi yang lebih parah, minuman elektrolit obat masih disarankan. Meskipun jumlah kalium dalam jus apel mirip dengan minuman elektrolit, ia memiliki sedikit natrium, yang juga hilang melalui cairan tubuh saat Anda sakit.

BACA JUGA:Hasil Liverpool Vs Man City : Gol Salah Menangkan The Reds

2. Mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat

Apel kaya akan senyawa tanaman, terutama polifenol. Sementara sebagian besar senyawa ini ada di kulitnya, beberapa dari daging apel disimpan dalam jus.

Senyawa tanaman ini dapat melindungi sel-sel Anda dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Kedua proses ini merupakan faktor yang mendasari kondisi kronis, termasuk kanker tertentu dan penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, pria sehat meminum 2/3 cangkir (160 ml) jus apel, kemudian para ilmuwan mengambil darah mereka. Kerusakan oksidatif dalam darah mereka ditekan dalam waktu 30 menit setelah minum jus, dan efek ini berlanjut hingga 90 menit.

BACA JUGA:Jadwal Salat Fardu dan Duha Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara, Senin 17 Oktober 2022, Serta Niat Salat

Untuk polifenol lebih banyak, pilih jus keruh - yang mengandung ampas - daripada bening, yang ampasnya dihilangkan.

Satu analisis menemukan bahwa jus apel keruh memiliki polifenol hingga 62 persen lebih banyak daripada jus bening.

3. Dapat mendukung kesehatan jantung

Senyawa tanaman, termasuk polifenol yang ada dalam jus apel mungkin sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

BACA JUGA:Awas! Ini 5 Bahaya Makan Pisang Karbitan, Bisa Fatal

Polifenol dapat mencegah kolesterol LDL (jahat) agar tidak teroksidasi dan menumpuk di arteri Anda. Tingkat LDL teroksidasi yang lebih tinggi terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Satu studi mengamati bahwa ketika orang dewasa yang sehat minum 1 1/2 cangkir (375 ml) jus apel bening setiap hari selama 6 minggu, kolesterol LDL (jahat) mereka 20% lebih tahan terhadap oksidasi dibandingkan dengan awal penelitian.

Satu studi mengamati bahwa ketika orang dewasa yang sehat minum 1 1/2 cangkir (375 ml) jus apel bening setiap hari selama 6 minggu, kolesterol LDL (jahat) mereka 20% lebih tahan terhadap oksidasi dibandingkan dengan awal penelitian.

Studi awal menunjukkan bahwa jus apel dapat mendukung fungsi otak dan kesehatan mental seiring bertambahnya usia.

BACA JUGA:Gelar Soft Opening Hotel Grand Zuri Lubuklinggau, Setiap Kamar Dihiasi Batik Durian

Beberapa perlindungan ini mungkin karena aktivitas antioksidan polifenol yang ditemukan dalam jus. Mereka dapat melindungi otak Anda dari kerusakan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Jangan Salah! Ternyata Jus Apel Punya 4 Manfaat Rahasa Ini Loh

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: