Awas! Ini 5 Bahaya Makan Pisang Karbitan, Bisa Fatal

Awas! Ini 5 Bahaya Makan Pisang Karbitan, Bisa Fatal

--

LINGGAUPOS.CO.ID - Beberapa orang masih menggunakan karbit untuk mempercepat matangnya buah-buahan. Salah satunya adalah buah pisang.

Tentunya, pisang yang dikarbit ini dapat membahayakan seseorang yang mengonsumsinya. Terutama bagi orang yang tidak mencuci pisang sebelum diolah menjadi hidangan tertentu seperti pisang rebus.

Selain itu, masih ada banyak bahaya pisang karbitan lainnya bagi kesehatan dan bisa membahayakan seseorang yang mengonsumsinya.

Apalagi, bila cara menghidangkannya tidak mencuci pisang karbitan saat sebelum diolah menjadi pisang rebus atau hidangan lainnya.

BACA JUGA:Gelar Soft Opening Hotel Grand Zuri Lubuklinggau, Setiap Kamar Dihiasi Batik Durian

Selain itu, masih ada banyak bahaya pisang karbitan lainnya bagi kesehatan. Berikut 5 bahaya makan pisang karbitan untuk kesehatan seperti dilansir dari video tayangan YouTube Fakta Kece, Minggu 16 Oktober 2022: 

1. Gangguan Pernapasan

Salah satu bahaya pisang karbitan, yakni karbit pada buah pisang dapat terhirup oleh saluran pernapasan seseorang. Bahayanya, gas asetilen yang ada pada karbit jika terhirup oleh seseorang dapat menyebabkan mual dan pusing. 

2. Menghilangkan Kesadaran

BACA JUGA:Banyak Pengaduan Justru Dijadikan Alat Memeras, Mahfud MD: Jangan Takut Laporkan

Pisang karbitan memang sangat berbahaya. Terutama apabila dikonsumsi oleh anak-anak dan bayi yang berusia di bawah lima tahun.

Pasalnya, gas asetilen apabila masuk ke saluran pernapasan anak-anak akan menyebabkan hilangnya kesadaran.

3. Mengandung Karsinogen

Tak dimungkiri, setelah diolesi karbit, buah pisang memang akan cepat matang dan empuk.

BACA JUGA:Dua Pilkades di Ogan Ilir Diwarnai Aksi Penusukan, Kotak Suara Dirusak

Namun, karbit yang menempel pada kulit pisang dan apabila itu tertelan bisa saja bersifat karsinogen karena terus masuk ke dalam tubuh, hal itu sama seperti formalin yang berbahaya bagi tubuh. 

4. Kandungan Nutrisi Hilang

Saat buah pisang dikarbit, nutrisi dalam pisang akan hilang meskipun buah yang dikarbit ini cepat matang. Hal tersebut, tentu akan memengaruhi rasa dan nutrisi yang terkandung dalam pisang jika dibandingkan dengan buah yang matang alami dari pohonnya. 

5. Bisa Mengganggu Kesuburan

BACA JUGA:17 Oktober 2022 Berusia 21 Tahun, ini Sejarah Kota Lubuklinggau

Tak dimungkiri, buah pisang memang sangat baik bagi kesuburan pasangan suami istri yang ingin memiliki momongan. Namun, pemakaian karbit pada pisang justru bisa berdampak negatif terhadap sel spe*ma dan sel telur manusia. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: