Gempa Bumi Tapanuli Utara, 1 Tewas, 9 Luka-luka

Gempa Bumi Tapanuli Utara, 1 Tewas, 9 Luka-luka

Seorang korban gempa saat menjalani perawatan--BPBD Tapanuli Utara

TAPANULI UTARA, LINGGAUPOS.CO.ID – Gempa bumi melanda wilayah Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Sabtu, 1 Oktober 2022 sekitar pukul 02.28 WIB.

Dalam gempa ini, seorang warga dilaporkan meninggal dunia dan sembilan lainnya luka.

Guncangan gempa bumi diinformasikan berkekuatan magnitudo 6,0.

"Gempa bumi ini mengakibatkan satu korban meninggal dunia, sembilan mengalami luka," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

BACA JUGA:Gempa Dua Kali Guncang Mentawai Sumatera Barat

Data itu didapat dari konferensi pers BMKG dalam jaringan yang diikuti dari YouTube BMKG di Jakarta, Sabtu 1 Oktober 2022.

"Hasil analisa mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," kata Dwikorita Karnawati.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Dwikorita, gempa bumi yang terjadi berjenis dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra Segmen Renun.

Dwikorita Karnawati mengatakan peristiwa yang berlangsung sekitar pukul 02.28 WIB itu juga merobohkan lima unit bangunan rumah warga dan beberapa lainnya rusak ringan.

BACA JUGA:Gempa, Belum Ada Laporan Korban di Empat Lawang

Lokasi gempa berada di koordinat 2,13 lintang utara dan 98,89 bujur timur atau pusat gempa berada di darat 14 kilometer barat laut Tapanuli Utara, dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa bumi tersebut berdampak dan dirasakan di daerah Tarutung dengan skala intensitas VI MMI atau getaran dirasakan oleh semua warga.

"Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar rumah," katanya.

Gempa di lokasi itu mengakibatkan kerusakan ringan pada bangunan seperti plester dinding lepas dan cerobong asap pabrik rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: oganilir.co