Terekam ETLE, 1.200 Pengendara Motor di Lubuklinggau Tidak Pakai Helm

Terekam ETLE, 1.200 Pengendara Motor di Lubuklinggau Tidak Pakai Helm

Pemasangan kamera ETLE di Simpang Periuk--Instagram

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID  – Kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) untuk e-tilang di Simpang Periuk Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau sudah merekam pelanggaran.

Bahkan selama Agustus terekam ada 1.200 pengendara sepeda motor yang terekam melakukan pelanggaran, yakni tidak mengenak helm.

Sementara pengendara mobil, terdata ada ratusan yang tidak mengenakan sabuk pengaman. 

Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi menjelaskan, bahwa saat ini e-tilang belum diterapkan. Namun mulai Oktober mulai diterapkan di seluruh wilayah Sumatera Selatan (Sumsel). 

BACA JUGA:Simak, Ini Cara Kerja ETLE Mobile on Board, Hand Held dan Aplikasinya

Karena itu Jangan sampai, saat sudah diterapkan, masih ada pengendara yang terekam melanggar lalu lintas.

 “Meskipun masih uji coba, kamera ETLE kita sudah merekam berapa pengendara yang melanggar, karena ada grafik laporannya setiap hari,” kata Kapolres. 

“Data yang saya terima, sepanjang Agustus 2022 saja ada 1.200 pengendara motor yang terekam melanggar, tidak mengenakan helm,” tambahnya.

“Sementara pengendara mobil yang terekam melanggar tidak mengenakan sabuk pengaman ada ratusan dalam satu bulannya,” ungkap Harissandi, Jumat 23 September 2022. 

BACA JUGA:Pengendara di Merasi Kamera ETLE di Pasar B Bukan Pajangan, Tapi Merekam

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar bijaklah menggunakan kendaraan. Gunakan helm dan bawa surat-surat lengkap sesuai ketentuan berlaku tentang undang-undang lalu lintas. 

Gunanya agar semua hal-hal yang tidak diinginkan bisa ditekankan, seperti Lakalantas di jalan raya yang bisamenyebabkan meninggal dunia.

“Minimal, untuk meminimalisir kasus lakalantas di jalanan kalau semua pengendara sudah patuh berlalu lintas,” tegasnya.

Ia mengaku, anggaran untuk dana hibah pengadaan kamera ETLE sudah diketok palu oleh DPRD Lubuklinggau, sehingga tidak lama lagi akan dilaksanakan lelang pengadaan kamera lainnya, yang akan di pasangan di empat titik lainnya yakni Simpang GOR Petanang, Watas, RCA dan Masjid Agung As-Salam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: