Jenis dan Harga Helm Para Rider MotoGP, Ada yang Hampir Rp20 juta!

Jenis dan Harga Helm Para Rider MotoGP, Ada yang Hampir Rp20 juta!

Helm AGV yang dipakai Valentino Rossi ketika race MotoGP.-foto : twitter-

LINGGAUPOS.CO.ID - Helm (bahasa Belanda: Helm) atau topi pengaman adalah bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik.

Helm biasanya digunakan sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran (militer), atau aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, atau berkendara. Helm dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagian dari kepala (bergantung pada strukturnya) dari benda jatuh atau berkecepatan tinggi.

BACA JUGA:Prediksi Italia vs Inggris : Misi Sulit The Three Lions

BACA JUGA:Prediksi Jerman vs Hongaria : Kans Kudeta Puncak Klasemen

Di beberapa negara, helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor, bahkan ada yang mewajibkannya bagi pengendara sepeda tak bermotor. Di Inggris hanya penganut Sikh yang diperbolehkan tidak memakai helm karena harus memakai turban.

Helm tak pelak lagi salah satu perlengkapan yang sangat penting bagi pembalap MotoGP demi mendukung keselamatan mereka, terutama untuk kepala. Seperti perlengkapan lain, helm MotoGP juga harus melewati berbagai tes kelayakan agar dapat dipakai pembalap.

BACA JUGA:Prediksi Finlandia vs Rumania : Hindari Juru Kunci

BACA JUGA:Friendly Match Argentina vs Honduras : Menuju Skuad Final Tim Tango

Snell Foundation menjadi lembaga khusus yang digandeng oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM) untuk menilai kelayakan helm MotoGP dan WorldSBK. Syarat utama yang harus dimiliki helm MotoGP adalah memiliki lapisan polystyrene dengan ketebalan 2,5 cm.

Syarat uji yang pertama adalah tes ketahanan panas, dan yang kedua adalah tes benturan. Untuk tes ketahanan panas, helm harus didinginkan dalam suhu 10°C dan langsung dipanaskan dalam suhu 50°C, kemudian direndam di dalam air selama 12 jam.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kebakaran Hebat Terjadi di Sirkuit Motegi Jelang MotoGP Jepang

BACA JUGA:Perlengkapan Tim Datang Terlambat, MotoGP Rombak Jadwal Seri Jepang di Motegi

Untuk tes benturan, helm harus dijatuhkan dari ketinggian 2,5 meter di atas permukaan besi dengan kecepatan 20,8 km/jam. Selain itu, kekuatan tali pengaman helm juga harus diuji. Beberapa merek helm sudah lolos tes Snell Foundation dan dipakai para bintang MotoGP.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: