5 Kota Dingin di Sumatera Bagian Selatan, Kalau ke Sini Auto Selera Makan Meningkat

5 Kota Dingin di Sumatera Bagian Selatan, Kalau ke Sini Auto Selera Makan Meningkat

Salah satu tempat ngopi di Rejang Lebong, Bengkulu dengan pemandangan pegunungan--

LINGGAUPOS.CO.ID – Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang meliputi lima provinsi di Sumatera, yakni Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung Jambi dan Bengkulu.

Dari kelima provinsi tersebut, ternyata memiliki daerah yang dingin, yang menjadi penghasil sayur-sayuran dan juga menjadi lokasi destinasi wisata.

Seperti diketahui bahwa, daerah yang memiliki suhu dingin, memang cocok untuk bercocok tanam, baik sayuran dan buah-buahan. Sementara di daerah lain, tidak bisa menghasilkan produk tersebut.

BACA JUGA:Penderita Diabetes Wajib Tahu, Makan Melon Setiap Hari Bantu Stabilkan Gula Darah

Selain itu, daerah bersuhu dingin, juga menjadi lokasi asyik untuk wisata, karena landscape pemandangannya rata-rata mengasyikan, antara perpaduan gunung, lembah dan lahan pertanian.

Berikut lima kota terdingin yang berada di lima provinsi tersebut, terkecuali Bangka Belitung.

Liwa, Lampung Barat, Lampung

Kabupaten Lampung Barat dengan ibukota Liwa, adalah daerah terdingin di Provinsi Lampung. Di daerah ini suhu rata-rata dari 17°C hingga 27°C.

Cukup banyak objek wisata di Liwa, bahkan disebutkan ada 39 destinasi wisata di Liwa, dengan Kebun Raya Liwa sebagai objek wisata terfavorit.

Pagaralam, Sumatera Selatan

Keberadaan Gunung Dempo dan Kebun Teh menjadi daya tarik tersendiri bagi satu-satunya kota dingin di Sumatera Selatan ini.

Makanya Pagaralam banyak didatangi wisatawan terkhusus dari seluruh daerah di Sumater Selatan. Apalagi banyak objek wisata lainnya, selain pemadangan yang indah di sana.

Sementara suhu di Pagaralam bervariasi dari 17°C hingga 28°C.  Juga dengan mendung hampir sepanjang tahun.

Curup, Rejang Lebong, Bengkulu

Di Curup Kabupaten Rejang Lebong, cukup banyak destinasi wisata, salah satunya Gunung Kaba dan Pemandian Air Panas Suban. Selain itu, landscape alamnya juga asyik.

Suhud di Curup bervariasi dari 18°C hingga 28°C. Daerah ini juga diketahui sebagai penghasil sayur yang dipasarkan bukan hanya di Provinsi Bengkulu, namun sampai ke Sumatera Selatan dan Jambi.

Kepahiang, Bengkulu

Masih di Provinsi Bengkulu, Kabupaten Kepahiang lokasinya bersebelahan dengan Rejang Lebong. Salah satu wisata andalan di sini adalah Kebun Teh Kabawetan.

Suhu udara di Kepahiang, rata-rata 18°C hingga 28°C .

Sungai Penuh, Jambi

Kota Sungai Penuh sebelumnya adalah ibukota Kabupaten Kerinci, namun kemudian menjadi daerah otonomi sendiri. Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci tentu dikenal karena adanya Gunung Kerinci.

Gunung ini tertinggi di Pulau Sumatera. Tentunya hal ini menyebabkan suhu di daerah ini juga dingin dan sejuk, yakni bervariasi dari 17°C.

Para pendatang ke daerah-daerah dingin, rata-rata selera makannya akan meningkat. Karena saat cuaca dingin membuat suhu tubuh menjadi lebih rendah

Maka untuk menghangatkan tubuh, akan cenderung untuk makan sesuatu yang hangat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: