Tahanan Lapas Lubuklinggau yang Ditangkap di Sawah, Diisolasi

Tahanan Lapas Lubuklinggau yang Ditangkap di Sawah, Diisolasi

LINGGAUPOS.CO.ID – Tahanan Lapas Lubuklinggau yang videonya viral karena terlihat diinjak-injak di sawah, yakni Didik Herliansyah alias DH, kondisinya sehat.

Kalapas Kelas III Surulangun Rawas Kabupaten Muratara, Indra Yudha menjelaskan, pihaknya menerima titipan Narapidana DH dari Lapas Kelas II Lubuklinggau, Minggu (26/6/2022) malam.

Menurut Indra, ini merupakan pengalaman pertama mereka menerima titipan Napi dengan riwayat hendak kabur dari Lapas.  

Selama ini mereka hanya terima pemindahan Napi biasa untuk pembinaan lebih lanjut.  

BACA JUGA:Terkait Video Pegawai Lapas Injak-injak Kepala Tahanan, 5 Orang Diperiksa

Setelah diterima, DH dimasukan dalam kamar isolasi, atau kamar tersendiri terpisah dari kamar napi lainnya.

Hal ini lantaran Napi tersebut masih dalam pantauan mereka.

"Khawatir saja, dan untuk kepentingan keamanan. Apalagi Napi ini punya riwayat mau kabur dari Lapas. Kita tidak ingin ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," ungkap Indra.

DH lanjutnya, juga akan dijaga petugas selama 24 jam.

BACA JUGA:Soal Video, Kalapas Lubuklinggau: Persepsi Masyarakat dengan Petugas Berbeda

"Karena riwayatnya pernah berusaha kabur. Maka wali permasyarakatannya akan  lebih ketat mengawasinya,” ia menambahkan.

“Namun untuk pembinaan, tidak ada perlakuan khusus, sama seperti warga binaan lainnya, akan kami lihat jika setelah dibina lebih baik,” katanya.

“Jika mengikuti semua kegiatan pembinaan dengan baik kita akan memberikan hak dia seperti remisi dan sebagainya. Tidak menutup kemungkinan juga dia disatukan dengan napi lainnya," jelasnya lagi.

Masa tahanan DH sendiri dari laporan yang ia terima, 11 tahun 6 bulan. Dan baru menjalankan masa tahanannya sekitar dua tahun. 

BACA JUGA:Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI Kunjungi Pengadilan Agama Lubuklinggau

"Dititipkan di sini sampai batas waktu yang tidak tentukan. Ya kalau bisa kita bina, akan terus kita bina. Tapi kalau sudah dibina masih melanggar, bisa saja dipindahkan ke lapas yang lebih maksimum seperti di Lapas Kelas 1," tambahnya.

Mengenai kondisi kesehatan DH, Indra menjelaskan saat ini dalam kondisi sehat. Hanya ada beberapa luka ditubuhnya akibat jatuh saat berusaha kabur.

"Pas tiba di Lapas, sempat saya panggil semuanya sehat. Untuk lebih memastikannya, kita juga memanggil dokter dari Puskesmas Surulangun, dan hasilnya dinyatakan sehat. Namun kita pantau kembali satu minggu kedepan," jelasnya, Selasa (28/6/2022). (rfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: