
“Kereta api sebagai moda transportasi publik berkomitmen menjadikan keselamatan sebagai fokus utama dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran. Dengan semangat melayani, kami akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan KA untuk mewujudkan Mudik Tenang Menyenangkan,” ucap Januari.
BACA JUGA:Terdepan Dukung UMKM, BRI Raih Penghargaan Internasional Best SME Bank in Indonesia
Januri menegaskan, keselamatan dan keamanan kereta api menjadi prioritas utama.
KAI Divre III Palembang terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan bencana, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan sebidang dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.
Disamping itu, KAI Divre III Palembang bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan juga telah melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelayakan sarana lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api siap operasi.
Untuk mendukung pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2025 ini, KAI Divre III Palembang menyiapkan 7 unit lokomotif CC 201 dan 43 kereta.
BACA JUGA:Pemudik Waspada, Ada 21 Titik Jalan Rusak di Jalur Musi Rawas – PALI
Dari sisi fasilitas pelayanan, KAI Divre III Palembang menyiapkan tenaga kebersihan untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan baik di area stasiun yang meliputi ruang tunggu penumpang, toilet dan mushola serta di atas kereta.
KAI Divre III Palembang juga menyediakan fasilitas drinking water station di Stasiun Kertapati untuk kebutuhan air minum pelanggan yang bertujuan untuk mendorong masyarakat menggunakan botol minum (tumbler) dan mengurangi ketergantungan pada plastik sekali pakai, sehingga diharapkan dapat mencapai target net zero emission (NZE).
"Fasilitas drinking water station ini menjadi salah satu langkah strategis KAI dalam mendukung transformasi ekosistem transportasi yang lebih ramah lingkungan, sekaligus memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi para pelanggan," ungkap Januri.
Pada Angkutan Lebaran 2025 ini, KAI Divre III Palembang secara total menyediakan 66.088 tempat duduk, meningkat sebesar 26,5 persen dari ketersediaan tempat duduk pada hari biasanya yakni sebanyak 52.228 tempat duduk, yang disebabkan adanya penambahan kereta pada KA Bukit Serelo sebanyak 1 kereta, KA Sindang Marga sebanyak 1 kereta dan KA Rajabasa sebanyak 3 kereta.
BACA JUGA:Ramadan, PWI Lubuk Linggau Gelar Berbagai Lomba Keagamaan
Berdasarkan pantauan penjualan tiket KA Angkutan Lebaran 2025 sampai dengan hari Minggu 23 Maret 2025 telah terjual sebanyak 67.192 tiket atau sebesar 102 persen dari tempat duduk yang disediakan.
"Pencapaian prosentase tersebut dikarenakan adanya penumpang yang membeli tiket parsial atau tiket perjalanan kereta api yang tidak sampai stasiun tujuan akhir, sehingga dimungkinkan dalam 1 tempat duduk terdapat lebih dari 1 penumpang dengan relasi perjalanan yang berbeda," jelas Januri.
Dari jumlah tersebut, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yaitu pada H-3 dan H-2 Lebaran atau tanggal 28 dan 29 Maret 2025 dengan tingkat okupansi volume penumpang mencapai 118 persen.
Jumlah tersebut masih akan terus bertambah seiring penjualan tiket KA masih berlangsung.
BACA JUGA:Gandeng Komisi IX DPR RI, BPJS Kesehatan Sosialisasikan Kemudahan Mengakses Layanan Kesehatan Bagi Peserta JKN
“KAI Divre III Palembang berkomitmen untuk terus meningkatkan inovasi dan pelayanan kepada para pelanggan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan untuk mewujudkan perjalanan Mudik yang tenang dan menyenangkan," tutup Januri.
Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI