5 Hal Ini Wajib Dicek Sebelum Membeli HP Bekas, Harus Teliti!

Senin 28-10-2024,11:43 WIB
Reporter : Siti Nur Asparina Rauda
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID – Dalam berbagai gempuran vendor yang ramai-ramai merilis HP terbaru dengan harga relatif murah, HP bekas atau yang sering dikenal sebagai HP second masih jadi primadona di kalangan penggila smartphone.

Adapun alasan utama kenapa HP bekas ini masih cemerlang di pasaran yakni harga yang dibanderol sangatlah terjangkau, mulai dari entry-level hingga flagship.


Wajib dicek sebelum membeli HP bekas.--Freepik

Namun, tergiur harga murah tidaklah cukup, karena banyak pembeli HP bekas yang harus berakhir dengan drama serta alami kerugian akibat kurang teliti saat mengecek kondisi unitnya.

Melansir dari laman How to Tecno yang dikutip pada Senin, 28 Oktober 2024, oleh sebab itu, sebelum membeli HP bekas, penting untuk memeriksa 5 hal ini dan harus teliti.

1. Cek kondisi bodi HP

Hal pertama yang perlu kamu cek saat beli HP bekas yaitu mengecek kondisi unit tersebut, mulai dari tampilan luar HP.

BACA JUGA:Janjikan Gaming Ngebut, Samsung Rilis Exynos 1580 di HP Kelas Menengah, Ini Keunggulannya

Selain itu, perhatikan juga kondisi backdoor, bodi bagian samping HP, frame kamera, lubang charger, tombol power, tombol volume, serta earphone jack apabila ada.

Kemudian, goresan halus atau jamur tipis di HP masih terbilang wajar akibat pemakaian pengguna HP sebelumnya.

Apabila di tepian backdoor terdapat garis putih atau bagian tombol yang terlihat kentara, lebih baik kamu meminta unit lain ke penjual sebab sudah bisa dipastikan unit tersebut pernah dibongkar.

Bukan pertanda baik sekalipun seller beritahu jika sparepart yang digunakan dari vendor tersebut.

BACA JUGA:4 Rekomendasi HP iPhone di Bawah Rp10 Jutaan di Oktober 2024, Performa Dijamin Tangguh!

Jika unit tersebut tak pernah dibongkar sama sekali namun punya goresan serta jamur yang terlihat lumayan parah, minta unit serupa dengan kondisi fisik yang jauh lebih mulus atau kamu dapat memakainya sebagai senjata untuk menawar harga HP tersebut.

2. Cek layar HP

Harap perhatikan apakah ada garis putih atau gap antara panel layar serta bodi HP, HP yang layarnya sudah diganti dengan suku cadang non-original pasti punya gap serta pemasangan yang kurang rapi sehingga menyisihkan lem bekas pemasangan di beberapa bagian.

Selain itu, panel layar selesai, sekarang buka gambar berwarna terang lalu perbesar hingga memenuhi seluruh permukaan layar.

BACA JUGA:Tecno Spark 30C: HP Rp1 Jutaan yang Pakai Sensor Sony IMX582, Ini Keunggulannya

Kategori :