Berhenti Main HP di Toilet! Ini Alasan dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Kamis 24-10-2024,14:16 WIB
Reporter : Siti Nur Asparina Rauda
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID – Kebiasaan membawa HP ke toilet saat ini sudah jadi sebuah kebiasaan yang umum di kalangan masyarakat modern.

Baik pada saat menunggu di kamar mandi atau hanya sekedar ingin meluangkan waktu, banyak orang yang sulit sekali melepaskan HP dari pandangan mereka.


Main HP di Toilet--Freepik

Biasanya scroll media sosial, menonton video, hingga bermain game kerap kali dilakukan di tempat yang tidak biasa.

Walaupun terkesan sepele, kebiasaan ini ternyata menyimpan sejumlah risiko yang kerap diabaikan.

Secara tidak sadar, dengan membawa HP ke toilet ini bisa berdampak negatif, baik dari segi kesehatan hingga kebersihan.

Sebagai informasi, toilet ini merupakan tempat berkumpulnya berbagai kuman dan bakteri berbahaya, yang dapat secara mudah menempel ke permukaan HP.

BACA JUGA:Xiaomi 15 Segera Rilis, Bakal jadi HP Flagship Pertama dengan Snapdragon 8 Elite, Ini Bocorannya

1. Alasan berhenti main HP di toilet

Melansir dari laman Mint yang dikutip pada Kamis, 24 Oktober 2024, menyebut sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa 6 dari sepuluh orang kerap membawa HP mereka ke toilet.

Walaupun terlihat seperti sebuah kebiasaan yang tak berbahaya, namun hal ini sebenarnya dapat mengundang dampak buruk bagi kesehatan.

Adapun penelitian lainnya yang dilakukan oleh NordVPN menunjukkan bahwa 61,6 persen dari partisipan memakai HP di toilet guna scroll media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

BACA JUGA:4 Rekomendasi HP 5G Ini Punya Kamera Super Jernih, Buruan Cek Ada yang Siap Rilis di 2025

Sementara itu, 33,9 persen lainnya menyebut mereka memakai HP di toilet guna membaca berita atau mengikuti informasi terbaru.

Dan lebih lanjut, terdapat 24,5 persen dari peserta mengaku bahwa mereka bahkan mengirim pesan atau menelepon pada saat berada di toilet.

Dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Life UK, Dr. Hugh Hayden yakni seorang ahli pengendalian infeksi, menyebut bahwa HP bisa mengandung sepuluh kali lebih banyak kuman, dibanding dengan dudukan toilet.

Bakteri seperti Staphylococcus yang kerap dijumpai pada HP, bisa masuk ke dalam tubuh lewat mulut, mata, atau hidung serta menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti infeksi saluran pernapasan atau kulit.

BACA JUGA:Gokil! iQOO 13 akan Jadi HP Pertama di Indonesia yang Bawa Snapdragon 8 Elite, Ini Keunggulannya

Kategori :