Seleksi PPPK 2024, Berikut Jumlah Soal yang Diuji Beserta Bobot Nilainya

Rabu 23-10-2024,14:24 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

1. Seleksi kompetensi teknis

Pada tes seleksi kompetensi teknis terdapat sejumlah soal yakni 90 butir. Bagi peserta yang memilih jawaban benar akan mendapatkan nilai 5 (lima), sedangkan jika salah atau tidak menjawab akan mendapat nilai 0 (nol).

2. Seleksi kompetensi manajerial

BACA JUGA:Viral Video Belasan Siswa SD di Bandar Lampung Keracunan Jajanan Kemasan

Selanjutnya, dalam seleksi kompetensi manajerial memiliki sebanyak 25 butir soal. Dimana, setiap soal memiliki nilai paling rendah 1 (satu) dan paling tinggi 4 (empat), jika tidak menjawab akan mendapat nilai 0 (nol).

3. Seleksi kompetensi sosial kultural

Sedangkan pada tes seleksi kompetensi sosial kultural terdapat sejumlah soal yakni 20 butir. Soal tes tersebut memiliki jawaban dengan nilai paling rendah 1 (satu) dan paling tinggi 4 (empat), sedangkan jika tidak menjawab akan mendapat nilai 0 (nol).

Adapun dalam seleksi kompetensi dan wawancara, memiliki total nilai paling tinggi yakni 670 dengan rincian total nilai 450 untuk seleksi kompetensi teknis, 180 untuk seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural, serta 40 untuk wawancara.

BACA JUGA:Upaya Tingkatkan Keamanan, Lapas Narkotika Muara Beliti Rutin Laksanakan Razia Blok Hunian

Ketentuan mengenai nilai ambang batas PPPK 2024 mungkin dapat mengacu pada pelaksanaan tahun lalu, mengingat ada keserupaan dari segi jumlah soal, pembobotan, maupun nilai kumulatifnya. Passing grade seleksi kompetensi teknis berbeda-beda tergantung kebijakan instansi.

Sementara itu, nilai ambang batas untuk seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural PPPK 2024 adalah 117/180. Kemudian passing grade soal tipe wawancara harus mencapai 24 poin dari total keseluruhan poin sebanyak 40.

Perlu diketahui, kelulusan seleksi PPPK ialah berdasarkan pada akumulatif nilai tes yang diperoleh individu pelamar dan diperingkat dengan nilai dari seluruh pelamar PPPK 2024. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi termasuk nilai peringkat terbaik.

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Kategori :