Cegah Penyebaran TBC, WBP Lapas Narkotika Muara Beliti Jalani Screening TB

Senin 21-10-2024,15:22 WIB
Reporter : Agung Perdana
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID - Dalam upaya memastikan kondisi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tetap sehat selama berada di dalam Lapas, seperti biasa, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti menggelar kegiatan Screening TB oleh Tim Kesehatan Lapas yang bertempat di Aula Lapas Narkotika Muara Beliti, Senin 21 Oktober 2024.

TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. TBC merupakan penyakit yang ditularkan melalui udara. 


Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti menggelar kegiatan Screening TB oleh Tim Kesehatan Lapas yang bertempat di Aula Lapas Narkotika Muara Beliti, Senin 21 Oktober 2024.-Foto: Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti-

Bakteri penyebab TBC umumnya menyerang dan menginfeksi organ paru-paru. Tapi, bisa juga menyerang organ tubuh lain antara lain ginjal, otak dan tulang belakang. 

Pemeriksaan dahak merupakan gold standar dalam penyakit TBC. 

Kegiatan skrining tuberkulosis ini dilakukan dengan cara mengambil sampel dahak dari warga binaan. 

Pemeriksaan dahak untuk penegakan diagnosis dilakukan dengan mengumpulkan 3 spesimen dahak yang dikumpulkan dalam dua hari kunjungan yang berurutan sewaktu-pagi-sewaktu (SPS).

BACA JUGA:Tingkatkan Keamanan dan Deteksi Dini, Lapas Narkotika Muara Beliti Gelar Razia Blok Hunian

BACA JUGA:Kasubag TU Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Pelatihan Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian Keuangan RI

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama mengungkapkan bahwa Pemeriksaan atau skrining bagi WBP ini dilakukan guna mendeteksi adanya tanda-tanda dari penyakit TB yang ada di dalam Lapas. 

Selanjutnya sampel dahak yang telah diambil akan dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Kesehatan Daerah Kab Musi Rawas untuk di cek dengan teliti.

Apabila dari hasil pemeriksaan itu ditemukan adanya penyakit TBC, maka Warga Binaan yang bersangkutan akan segera diisolasi agar tidak menular kepada WBP yang lainnya.

Selain dilakukan skrining kesehatan, warga binaan juga diberikan pengarahan dan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan. 

BACA JUGA:Manfaatkan Barang Bekas, Bimker Lapas Narkotika Muara Beliti Sulap Menjadi Kerajinan yang Cantik

BACA JUGA:Lapas Narkotika Muara Beliti Berikan Sosialisasi Permenkumham No 8 Tahun 2024 Kepada Warga Binaan

Apabila ada warga binaan yang sakit maka penghuni lain bisa segera melaporkan ke petugas jaga atau komandan jaga untuk menghubungi petugas kesehatan Lapas Narkotika Muara Beliti. 

Setiap narapidana baru wajib menjalankan pemeriksaan kesehatan. 

Dalam pemeriksaan ini, tim perawat dibantu oleh kader kesehatan yang telah diberi pelatihan sebelumnya. Harapannya Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti terbebas dari TBC.

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Kategori :