6 Penyebab Tidak Lolos Seleksi Administrasi PPPK 2024, Simak Sebelum Mendaftar!

Selasa 01-10-2024,18:42 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

Selanjutnya, dalam pengadaan PPPK, setiap instansi memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Misalnya batas usia, kualifikasi pendidikan serta pengalaman kerja.

BACA JUGA:Keluarga Korban Siarkan Live Sidang Pembunuhan Siswi SMP di Palembang, Pelaku Minta Bebas

Jika kamu tidak memenuhi atau tidak sesuai dengan persyaratan yang diminta, maka otomatis kamu akan gagal melanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Salah Gunakan Dokumen 

Meskipun dokumen yang kamu unggah saat mendaftar sudah lengkap. Tetapi, jika sampai salah unggah atau upload dokumen bisa berakibat fatal, loh.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ini, maka sebelum mengakhiri proses pendaftaran cek lagi berkali-kali apakah dokumen yang kamu gunakan atau unggah sudah sesuai.

BACA JUGA:PPPK 2024 Pendaftaran Mulai 1 Oktober 2024, Ada 2 Periode yang Dibuka, Catat Jangan Salah Daftar!

4. Tidak Mematuhi Batas Waktu Pendaftaran 

Setiap instansi memiliki jadwal yang ketat. Anda jangan sampai terlambat mengumpulkan berkas pendaftaran, sebab terlambat dari jadwal yang ditentukan bisa membuat anda gugur dari seleksi tahap awal ini.

Disamping itu, perhatikan tenggat waktunya dan usahakan untuk mengumpulkan berkas jauh sebeluam waktu batas yang ditetapkan.

5. Tidak Memerhatikan Penggunaan Materai

BACA JUGA:Upacara Kesaktian Pancasila Tahun 2024 di Lapas Lubuk Linggau Berlangsung Khidmat

Nanti saat mendaftar PPPK, ada beberapa berkas yang membutuhkan materai elektronik (e-meterai) maupun materai tempel.

Jika posisi yang kamu daftar membutuhkan e-meterai, maka lengkapilah dengan cara membelinya di merchant khusus. Serta perhatikan penempatan e-meterainya.

6. Surat yang Diminta Tidak Sesuai Format

Beberapa instansi memerluka surat tambahan, seperti surat lamaran dan sebagainya. Nantinya jika instansi yang anda lamar memiliki syarat tambahan berupa surat.

BACA JUGA:Harga di Bawah Rp1 Jutaan, Intip Kelebihan dan Kekurangan HP Itel A50

Harap anda jangan mengetik atau mengarang sendiri surat tersebut. Biasanya, setiap instansi memiliki contoh berkas surat yang berbeda. Maka ikuti contoh dokumen dari masing-masing instansi.

Itulah ulasan singkat mengenai 6 hal yang bisa menyebabkan para pelamar PPPK 2024 tidak lolos di seleksi administrasi. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Kategori :