Ikuti Huawei, Xiaomi Bakal Buat HP Layar Lipat 3, Benarkah? Ini Bocorannya

Senin 23-09-2024,12:41 WIB
Reporter : Siti Nur Asparina Rauda
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID – Sebelumnya Huawei menghebohkan dunia teknologi dengan mempekenalkan HP layar lipat 3 bernama Huawei Mate XT, dan kini tampaknya Xiaomi akan mengikut dan tertarik dengan konsep layar lipat 3 ini serta berencana membuatnya.

Melansir dari laman Gizchina yang dikutip pada Senin, 23 September 2024, HP Xiaomi ini baru-baru saja mengajukan permohonan paten ke Kantor Kekayaan Inteletual Negara China dengan permohonan 2022308530675 yang merinci perangkat lipat tiganya ini.


Xiaomi bakal buat HP layar lipat 3--Instagram @bloombergbusiness

Adapun langkah tersebut menunjukkan bahwa pihak Xiaomi sedang menggarap teknologi lipat yang serupa.

Dengan kedua perusahaan teknolog besar ini mengeksplorasi faktor bentuk inovatif tersebut, pengguna bakal segera punya lebih banyak pilihan dalam kategori HP layar lipat 3 ini.

Walaupun tak menyebutkan nama model yang tepat, namun aplikasi paten ini telah memberikan gambaran sekilas terkait desain HP lipat 3 Xiaomi tersebut.

Secara detail desainnya ini, HP tersebut bakal dilipat dengan bentuk Z yang mengingatkan pada HP Huawei Mate XT.

BACA JUGA:Dijamin Paling Pas untuk Dibeli, Inilah 3 Rekomendasi HP Xiaomi Rp1 Jutaan Terbaik September 2024

Mekanisme pelipatan ini juga memungkinkan HP terlipat jadi bentuk yang lebih ringkas dan sekaligus tawarkan layar yang besar pada saat dibuka.

Dengan desain lipat yang punya bentuk Z ini, Xiaomi tampaknya akan mengikuti jalur yang sama dengan Huawei, yang tunjukkan bahwa persaingan di pasar HP lipat 3 ini bisa segera meningkat.

Bahkan gambar paten ini juga menampilkan pulau kamera belakang yang ditempatkan secara horizontal, dan pulau ini terlihat lebih sempit daripada yang dijumpai di HP Xiaomi Mix Fold 4.

Menurut bocoran lainnya, HP lipat 3 bakal jadi 3 kamera di bagian belakang, sedangkan Mix Fold 4 punya total 4 kamera, dan HP ini tampak sedikit lebih tebal daripada Huawei Mate X2.

BACA JUGA:Pengguna Xiaomi Merapat, Intip Fitur Baru HyperOS 2.0 yang Tawarkan Bisa Main HP Tanpa Sentuh Layar

Namun, Xiaomi masih belum punya waktu guna menyempurnakan mekanisme pelipatannya serta mungkin membuat versi yang lebih ramping sebelum dirilis.

Menariknya, upaya dari Xiaomi untuk membuat HP lipat 3 layar ini bukanlah hal baru, sebab perusahaan tersebut sudah bereksperimen dengan teknologi lipat setidaknya sejak 2019 lalu, sebagaiana yang dibuktikan oleh paten sebelumnya.

Kategori :