Pastikan WBP Memahami Hak dan Kewajibannya, Ka KPLP Lapas Narkotika Muara Beliti Berikan Arahan di Blok Hunian

Rabu 18-09-2024,17:27 WIB
Reporter : Agung Perdana
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID - Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka KPLP) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Abdul Rafik bersama Staff KPLP mengadakan kunjungan ke Blok Hunian untuk memberikan arahan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kunjungan ke Blok Hunian ini terkait pentingnya menjaga keamanan, kebersihan dan pemahaman mereka tentang hak dan kewajiban selama berada di Lapas.

Pengarahan ini dilakukan di dalam blok hunian WBP, Rabu 18 September 2024.

Dalam pengarahan ini Ka KPLP menyampaikan bagi warga binaan agar menjauhi narkotika, mentaati peraturan dan tata tertib di Lapas, tetap menjaga kerukunan antar WBP serta terus meningkatkan ibadah dan sopan dalam berpenampilan. 

BACA JUGA:Pegawai Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Diskusi Publik Strategi Kebijakan Kanwil Kemenkumham Sumsel

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan WBP dalam keadaan aman, nyaman dan tentunya terhindar dari gangguan kamtib. 

Dalam pengarahannya juga, Ka KPLP menyoroti pentingnya menjaga kebersihan  blok serta kamar hunian serta pengelolaan sampah yang baik. 

Penekanan tidak hanya pada aspek fisik, namun juga pada kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan. 

Beliau juga menjelaskan bahwa lingkungan yang bersih dapat mencegah penyebaran penyakit dan meningkatkan kesejahteraan warga binaan. 

BACA JUGA:Surveior Komite Akreditasi Kesehatan Pratama Ceklis dan Telusuri Klinik Pratama Lapas Narkotika Muara Beliti

Selain itu, Ka KPLP juga membahas hak-hak integrasi yang dapat dimanfaatkan oleh warga binaan. 

Pengarahan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga binaan mengenai pentingnya berperan aktif dalam menjaga keamanan lapas serta menjaga kebersihan. 

"Dengan pengarahan ini, kami berharap warga binaan lebih sadar akan pentingnya kebersihan dan aktif berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang aman serta kondusif. Partisipasi warga binaan sangat penting untuk menciptakan kondisi  yang lebih baik di Lapas Muara Beliti,” ujar Abdul Rafik.

Pengarahan ini menjadi bentuk antisipasi pencegahan gangguan Kamtib di lapas Muara Beliti. 

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Ikuti Zoom Survey Penilaian Akreditasi Klinik oleh KAKP

Kategori :