Ikuti 10 Tips Jitu Tingkatkan Performa HP, Dijamin Ngebut Seperti Baru

Minggu 18-08-2024,12:03 WIB
Reporter : Siti Nur Asparina Rauda
Editor : Agung Perdana

LINGGAUPOS.CO.ID - HP terutama yang berbasis Android, kerap kali alami penurunan performa seiring dengan berjalannya waktu. 

Dengan demikian, HP akan lambat, lemot, hingga kerap hang, yang menjadikannya keluhan umum pengguna. 

Namun, kamu tidak perlu untuk buru-buru membeli HP baru, dengan perawatan serta optimalisasi tepat, HP kamu dapat tetp lancar seperti baru. 

Melansir dari laman How To Tecno yang dikutip pada Minggu, 18 Agustus 2024, yuk simak di bawah ini beberapa tips jitu yang dapat kamu lakukan, agar HP ngebut kembali seperti baru. 


Ilustrasi HP--Freepik

1. Kelalola Aplikasi 

Harap hapus aplikasi yang tidak terpakai, sebab aplikasi yang jarang atau tak pernah dipakai hanya bakal penuhi ruang penyimpanan serta membebani sistem. 

Batasi juga aplikasi berjalan pada latar belakang, sebab beberapa aplikasi terus berjalan di latar belakang walau tak sedang dipakai. 

Lalu, harap perbarui aplikasi secara berkala, sebab update aplikasi kerap kali bawa perbaikan bug serta peningkatan performa. 

BACA JUGA:HP Rp1 Jutaan yang Bawa Baterai 7400 mAh, Ini Bocoran Itel P65 dengan Spek Kebablasan

2. Optimalkan penyimpanan

Pindahkanlah file ke kartu memori atau Cloud, sebab apabila HP kamu mempunyai slot kartu memori, manfaatkan untuk meyimpan foto, video, atau file besar lainnya. 

Selain itu, kamu juga dapat bersihkan cache secara rutin, sebab cache merupakan data sementara yang disimpan oleh aplikasi guna mempercepat akses. 

3. Restart HP secara rutin

BACA JUGA:HP Lipat Tri Fold Huawei Bocor, Intip Wujud Asli Menawannya

Kategori :