Muba Punya Pabrik Minyak Makan Merah, Lebih Sehat dari Minyak Goreng Sawit

Sabtu 03-08-2024,11:48 WIB
Reporter : Endang Kusmadi
Editor : Endang Kusmadi

MUBA, LINGGAUPOS.CO.ID – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) memiliki pabrik minyak makan merah, yang diresmikan Menteri Koperasi UKM, Teten Masduki pada Jumat 2 Agustus 2024.

Pabrik minyak makan merah ini diinisiasi KUD Sejahtera Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin.

Ketua KUD Sejahtera M Thamrin KUD ini berdiri sejak 1984 dan saat ini telah memiliki 3.700 Hektar kebun kelapa sawit yang sudah produksi dan menjadi yang terluas di Indonesia, yang dikelola koperasi.

Teten Masdika mengatakan bahwa pembangunan pabrik minyak merah ini sangat sesuai dengan Instruksi Presiden  Republik Indonesia.

BACA JUGA:Viral Video Wanita Dikuntit Anggota Polda Metro Agar Teken Berkas, Begini Fakta Dari Polisi

Karena akan ada peningkatan kesejahteraan petani. Petani bisa mendapatkan nilai tambah dari kebun sawit.

“Bukan hanya dijual tapi juga di olah sendiri sehingga petani mendapatkan nilai tambah," ujar Menteri Koperasi UKM RI dalam sambutannya.

Lanjut Teten Masduki, hilirisasi ini menjadi kekuatan ekonomi baru, serta menjadi suplai minyak makan di tengah masyarakat, jadi tidak terjadi lagi kelangkaan minyak goreng.

"Disamping itu minyak makan merah ini memiliki banyak keunggulan dari minyak goreng lain, selain harganya relatif murah juga kaya akan vitamin dan tidak hilang ketika digunakan untuk menggoreng berkali-kali," ungkapnya.

BACA JUGA:Geger, Pemuda di Kendal Tusuk Mantan Kekasih Gara-gara Ditolak Balikan, Begini Faktanya

Sementara itu, dikutip dari indonesiabaik.id, dijelaskan bahwa pemerintah mendorong produksi minyak makan merah berbasis koperasi, sebagai alternatif minyak goreng yang banyak digunakan masyarakat. 

Karena, minyak makan merah diklaim lebih sehat dibanding minyak goreng sawit.

Minyak makan merah atau disebut juga sebagai refined palm oil merupakan produk dari minyak sawit mentah (crude palm oil atau CPO) yang setelah proses penyulingan tidak melanjutkan proses-proses selanjutnya. 

Minyak ini memiliki warna terang mencolok dan aroma yang kuat.

BACA JUGA:Pilkada Muratara 2024, Beredar Video Kekerasan, ini Kata Kapolres

Kategori :