Sejarah Awal Mula Panjat Pinang, Lomba Tradisional Kemerdekaan RI

Sabtu 27-07-2024,07:32 WIB
Reporter : Indah Manda Sari
Editor : Budi Santoso

LINGGAUPOS.CO.ID – Hari kemerdekaan RI sebentar lagi akan diperingati. Biasanya akan ada perayaan yang dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu lomba yang paling banyak dijumpai di tengah masyarakat kita adalah lomba panjat pinang.

Lalu tahukah kamu bagaimana sejarah awal mula panjat pinang itu muncul di Indonesia. Nah yuk kita simak informasi lengkapnya disini.

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari laman wikipedia  pada Sabtu, 27 Juli 2024 berikut ini informasi mengenai sejarah singkat dari panjat pinang.

Sejarah Lomba Panjat Pinang

BACA JUGA:Ketahui, Inilah Sejarah Paskibraka dan Formasi Pengibaran Pada Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Panjat pinang sendiri merupakan kebudayaan dari Fujian, Guangdong, dan Taiwan berkaitan dengan perayaan Festival Hantu.

Hal ini dibuktikan dengan kondisi geografis di daerah tersebut yang beriklim subtropis sehingga masih memungkinkan banyak ditemukannya pohon pinang atau kelapa tumbuh dan hidup.

Tradisi panjat pinang pertama kali dilakukan pada masa Dinasti Ming atau sering disebut Qiang Gu. Kemudian pada masa Dinasti Qing, permainan panjat pinang sempat dilarang oleh pemerintah karena sering menimbulkan korban jiwa.

Pada saat Taiwan masih dijajah oleh Jepang, panjat pinang pun mulai dipraktekkan lagi di beberapa wilayah di daerah Taiwan.

BACA JUGA:CASN 2024 Kota Prabumulih, Ribuan Formasi Untuk CPNS Hingga PPPK, Segini Rinciannya

Karena berkaitan dengan perayaan festival hantu dan pada saat itu panjat pinang dijadikan sebagai permainan tradisional disana.

Cara bermain panjat pinang pada saat di Taiwan pun kurang lebih sama dengan yang ada di Indonesia.

Panjat pinang dilakukan bersama dengan tim dengan menggunakan banyak hadiah yang digantungkan di atasnya. Yang membedakan adalah tinggi pohon yang harus dipanjat.

Dengan menggunakan satu bangunan dari pohon pinang dan kayu-kayu yang puncaknya bisa sampai 3 sampai 4 tingkat bangunan gedung.

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Ikuti Kegiatan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI

Kategori :