BKN Buka Suara Terhadap Guru TK di Jambi yang Minta Kembalikan Uang Negara Rp75 Juta

Kamis 04-07-2024,15:43 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

BKN Kanreg VII juga akan melakukan koordinasi dengan BKD setempat, “Tentu kita akan upayakan proaktif. Kita lihat dulu permasalahannya seperti apa,” ujarnya.

Sebelumnya telah diberitakan, Seorang guru TK bernama Asniani diminta kembalikan gaji senilai Rp75 juta gara-gara masih mengajar hingga usia 60 tahun.

Diketahui Asniani adalah pensiunan guru TK negeri di Sungai Bertam, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Ia diminta mengembalikan uang gaji beserta tunjangan mengajarnya selama dua tahun terakhir sebelum pensiun sebanyak Rp75 juta.

BACA JUGA:Pova 5 Pro 5G: HP Gaming Gahar dengan Harga Makin Terjangkau Juli Ini, Buruan Cek Speknya

Hal ini dikarenakan Asniani yang seharusnya pensiun di usia 58 tahun, namun ia masih menerima gaji sampai usianya 60 tahun. 

Akibatnya, iapun kemudian diminta untuk mengembalikan kerugian Negara senilai Rp75 juta. Sementara itu, Asnani mengaku jika dirinya tidak mengetahui usia pensiun guru.

Asnani mengklaim tidak pernah ada yang memberitahukan kepada dirinya terkait batas usia pensiun seorang guru yakni 58 tahun.

Hal itulah yang menyebabkan ia akhirnya tetap mengajar seperti biasanya, mengingat gajinya pun selama dua tahun tersebut juga terus dibayarkan.

BACA JUGA:Profil Tahara Cahaya RA, Anak Polisi Jadi Anggota Paskibraka Nasional Mewakili Sumatera Selatan

“Selama dua tahun, saya mengajar dan absen seperti biasa dan menerima gaji seperti biasanya, termasuk gaji ke-13,” ungkap Asnani pada Senin, 1 Juli 2024.

Asnani mengungkapkan jika pensiun di usia 58 seharusnya gajinya dihentikan sewaktu usia itu

“Kalau memang pensiun saya (usia) 58 (tahun), seharusnya gaji saya dihentikan sewaktu itu juga dan beritahu kepada saya agar saya stop mengajar,” jelasnya.

Menurut Asnani, pada 2023 lalu dirinya sudah mengurus berkas pensiunnya di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muaro Jambi, namun tidak direspon oleh pihak BKD dan akhirnya mengendap sampai 2024.

BACA JUGA:Major League Soccer: Prediksi LA Galaxy vs LAFC, Jumat 5 Juli 2024, Kick Off 09.30 WIB

Kemudian beberapa bulan lalu, lanjutnya, dirinya bermaksud menanyakan kepada BKD terkait berkas yang dia masukkan tahun lalu.

Kategori :