Walikota Hadiri HUT SMPN 13 Lubuklinggau ke-18 dan Apresiasi Gelar Karya Program Sekolah Penggerak

Walikota Hadiri HUT SMPN 13 Lubuklinggau ke-18 dan Apresiasi Gelar Karya Program Sekolah Penggerak

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Kepala SMPN 13 Lubuklinggau, Emi Arioktarina foto bersama usai peringatan HUT SMPN 13 Lubuklinggau, Rabu 17 Mei 2203.--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Peringatan HUT SMPN 13 Lubuklinggau ke-18 dan Gelar Karya Program Sekolah Penggerak Angkatan II Kota Lubuklinggau dihadiri langsung Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Rabu 17 Mei 2023 berlangsung sukses. 

Kepala SMPN 13 Lubuklinggau Emi Arioktariyani kepada LINGGAUPOS.CO.ID mengatakan,"Untuk kegiatan gelar karya program sekolah penggerak ini guna memberikan apresiasi kepada anak-anak dalam memperkenalkan hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang sudah berjalan satu tahun,"katanya.

“Melalui event ini, kami menunjukkan hasil karya anak-anak terutama di P5 nya. Karena di kurikulum merdeka yang menonjol adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,”ungkapnya.

Emi menjelaskan ada tiga tema yang kami angkat dalam kegiatan gelar karya program sekolah penggerak yakni kearifan lokal, gaya hidup berkelanjutan dan kebhinekaan.

BACA JUGA:Alhamdulillah! 100 Persen Jemaah Sudah Lunasi Biaya Haji Reguler

BACA JUGA:Polisi Tahan Joko Widodo, Menteri Kominfo Menyusul Ditahan Kejagung

Menurutnya, tiga tema tersebut karena untuk kearifan lokal ini potensi nya sangat banyak. Salah satunya, memanfaatkan biji para (Biji Karet) dijadikan menjadi tas, tempat buat hingga mainan kunci. Ada juga jagung yang diolah menjadi makanan marning jagung serta singkong diolah menjadi keripik singkong.

"Untuk kebhinekaan karena di raport pendidikan mereka nilai toleransinya masih rendah. Dan ketika pihaknya melaksanakan kebhinekaan di P5 raport pendidikan nya mengalami kenaikan,"Ia menambahkan.

Sedangkan tema gaya hidup berkelanjutan, mengajar siswa untuk bertani. Jadi ketika mereka sudah tidak menyelesaikan pendidikan nya disini, sudah tau bagaimana bertani atau membuka lahan sendiri.

“Dalam melaksanakan P5 kami selalu mengaitkan enam intervensi profil pelajar Pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar Kritis dan kreatif,”jelas Emi.

BACA JUGA:KTP Anda Hilang? Ini Cara dan Syaratnya, Cek di Sini

BACA JUGA:Bupati Musi Rawas Jadi Caleg DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Anaknya Juga Jadi Nyaleg

Mereka mengaku bangga pada anak didiknya yang memiliki sangat belajar tinggi. Begitu juga dengan guru yang memiliki semangat tinggi untuk mengabdi mencerdaskan anak bangsa.

“Dengan program sekolah penggerak, harapan kami SMPN 13 Lubuklinggau lebih dikenal masyarakat dan tentunya animonya semakin meningkat. Serta bisa menjadi sekolah percontohan, meskipun letak sekolah nya di pinggir Kota,”harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: