9 Program Ramah Pro untuk Musi Rawas Mantab Berkelanjutan

9 Program Ramah Pro untuk Musi Rawas Mantab Berkelanjutan

Bupati Mura Hj Ratna Machmud mampu merealisasikan 9 program sesuai dengan visi-misinya dikemas dalam Musi Rawas Mantab kurang dari 3,5 tahun--

LINGGAUPOS.CO.ID – Walaupun baru 3,5 tahun menjabat sebagai Bupati Musi Rawas, namun Hj Ratna Machmud mampu merealisasikan 9 program sesuai dengan visi-misinya dikemas dalam Musi Rawas Mantab.

Pada pencalonannya periode kedua bersama Suprayitno, Hj Ratna Machmud ingin mengoptimalkan program yang sedang berjalan menjadi 9  Program Mantab Berkelanjutan. Adapun sembilan program tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut. 

1.Berobat Gratis dan Satu Desa Satu Ambulance

Program berobat gratis cukup hanya membawa KTP bertujuan untuk membantu masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan agar dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah.

BACA JUGA:Ratna Machmud Komitmen Bangun Musi Rawas Tanpa Membedakan SARA

Bahkan saat ini dari 421.511 penduduk Musi Rawas, sudah menjangkau 415.439 jiwa atau 98,56 persen dengan cakupan anggaran Rp22.875.812.400 (Rp22,87 miliar) per tahun tercover dalam program UHC.

Kemudian, tak hanya pasien kurang mampu yang ditanggung oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), tetapi keluarga pendamping pasien yang berobat di luar daerah juga mendapatkan bantuan.

Dengan adanya program ini, masyarakat miskin sangat terbantu, karena pada saat pendamping/keluarga pasien mendampingi pasien keluar daerah secara otomatis yang bersangkutan tidak bisa bekerja menghasilkan uang.

Disamping tentunya biaya makan dan akomodasi pendamping tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

BACA JUGA:Bupati Hj Ratna Machmud Buka Sosialisasi ILP Puskesmas BTS Ulu Musi Rawas

Selanjutnya, Program Satu Desa Satu Ambulance adalah program sebuah upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga suatu daerah dengan menyediakan mobil ambulance.

Ambulance desa berfungsi sebagai sarana transportasi untuk merujuk pasien dari rumah atau desa ke fasilitas kesehatan. 

Rincian bantuan mobil Ambulance untuk desa tahun 2021 sebanyak lima unit, tahun 2022 (42 unit), dan 2023, (72 unit) dan rencananya hingga akhir 2024 sebanyak 19 unit.

Fungsi ambulance desa adalah membawa pasien dari rumah atau desa ke fasilitas kesehatan, sebagai penunjang pelayanan kesehatan, membantu ibu hamil yang telah tiba masa persalinannya.

BACA JUGA:Datang Desa Kota Baru BTS Ulu, Bupati Hj Ratna Machmud Serahkan Ambulance dan Seragam Gratis

2.Kuliah gratis untuk dua orang setiap desa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: