5 Cara Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Anak, Begini Penjelasan Psikolog

5 Cara Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Anak, Begini Penjelasan Psikolog

Ilustrasi pelecehan seksual anak--

Tanamkan pula kepadanya untuk selalu menghormati perbedaan. Ajak anak untuk menghormati teman dengan jenis kelamin, agama, etnis, maupun latar belakang ekonomi yang berbeda.

Tujuannya adalah agar si kecil memiliki interaksi positif dengan orang lain, mampu mengekspresikan emosinya secara efektif, dan memiliki hubungan baik dengan siapa pun.

Untuk mengasah keterampilan tersebut, Mama-Papa bisa meminta anak berpartisipasi dalam kegiatan rutin, seperti melakukan pekerjaan rumah, merawat saudara kandung, dan berinteraksi dengan keluarga besar.

BACA JUGA:Konsumen Respon Positif Pelayanan BRI di Lubuk Linggau, ini Sebabnya

Menurut penelitian yang dihimpun National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, anak dengan kemampuan sosial yang baik akan lebih mandiri, bertanggung jawab, dan mampu mengendalikan dirinya dengan baik.

4. Pastikan Anak Mendapatkan Kesejahteraan Emosional

Pola asuh orang tua berperan penting dalam cara anak mengelola emosi dan perilakunya. Karena itu, dukung kesehatan mental si kecil dengan memenuhi kesejahteraan emosinya secara positif.

Mama-Papa bisa menanamkan afirmasi positif kepada anak.

BACA JUGA:HP Murah dengan Spek Mumpuni, Ini Bocoran Terbaru Poco M7 Pro 5G

Biasakan pula untuk menyampaikan dan melakukan tindakan yang mencerminkan cinta, kasih sayang, dan rasa hormat kepada sesama.

Dengan begitu, Mama-Papa membantu si kecil memiliki perasaan dan cara pandang yang positif, mengontrol emosi, mengasah kemampuannya dalam mengatasi situasi penuh tekanan dan ketakutan, serta belajar menerima kekecewaan.

Dukungan dari orang tua juga berguna mengurangi risiko anak mengalami kecemasan dan depresi yang bisa mengganggu proses adaptasi di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat.

5. Pantau Lingkungan Sekitar Anak

BACA JUGA:Penuhi Hak Warga Binaan, Lapas Narkotika Muara Beliti Gelar Sidang TPP

Mama-Papa perlu memantau lingkungan di sekitar anak. Lingkungan pertemanan bisa mempengaruhi perilaku, bahasa, dan perkembangan si kecil.

Umumnya, anak akan mencontoh hal-hal yang dilakukan orang di sekitar mereka. Anak juga memiliki rasa ingin tahu yang besar untuk mencoba hal baru.

Karena itu, agar anak tidak menjadi pelaku pelecehan seksual, pastikan si kecil berada di lingkungan yang positif, ya Mama-Papa.

Supaya tindak pelecehan seksual di sekolah bisa dicegah, Mama-Papa dapat pula bekerja sama dengan pihak sekolah untuk mengidentifikasi pelecehan dan responnya secara tepat.

BACA JUGA:Yuk Ketahui, Program Bank BRI untuk Pendidikan, Baca Detailnya di Sini

Minta pihak sekolah untuk melindungi siswa dari pelecehan seksual.

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: