Hari Santri 2024, PCNU Adakan Lomba Baca Kitab Kuning

Hari Santri 2024, PCNU Adakan Lomba Baca Kitab Kuning

Ketua PC NU Kota Lubuklinggau Gus Ahmadi foto bersama usai mengadakan kegiatan Lomba Baca Kitab Kuning dalam rangka Hari Santri Nasional Tahun 2024.--

LINGGAUPOS.CO.ID – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Lubuklinggau mengadakan kegiatan Lomba Baca Kitab Kuning dalam rangka Hari Santri Nasional Tahun 2024.

Lomba ini dilaksanakan Sabtu 19 Oktober 2024 bertempat di Aula gedung STAIS Bumi Silampari Lubuklinggau.

Lomba Baca Kitab Kuning atau Musabaqoh Qiro’atul Kutub ini merupakan  bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Santri Nasional Tanggal  22 Oktober 2024.

Ketua PC NU Kota Lubuklinggau Gus Ahmadi dalam Sambutannya menyampaikan bahwa Peringatan Hari Santri Nasional dicetuskan khusus bagi para Santri Nasional.

BACA JUGA:Soal Kebakaran Gudang Logistik Pemilu, ini Penjelasan Ketua KPU Lubuk Linggau

Karena itu Ia mengajak semua Santri untuk merayakan dan memperingatinya dengan kegiatan kegiatan Santri.

“Seperti kita ketahui bahwa Hari Santri Nasional adalah Hari peringatan yang dikhususkan untuk para Santri Indonesia," jelas Gus Ahmadi sekaligus membuka secara resmi Musabaqoh Qiro’atul Kutub atau Lomba Baca Kitab Kuning.

"Selain itu peringatan hari santri ini juga untuk mengenang, meneladani, dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Gus Ahmadi.

Ketua Pelaksana Kegiatan Lomba Kitab Kuning, Ustadz Supriyadi, M.Pd.I dalam laporannya  menyampaikan bahwa kitab yang diujikan yaitu: Tingkat Mts/Smp membaca Kitab Safintatun Najah, Tingkat Ma/SMA/SMK : Kitab Fathul Qorib dan Tingkat Mahasiswa : Kitab Fathul Mu’in.

BACA JUGA:Terjunkan Tim Basarnas, Balita Lubuk Linggau Belum Ditemukan, Juga Pakai Cara Tradisional

“Jumlah peserta Lomba baca Kitab sebanyak 107 peserta dari berbagai tingkat yaitu MTs, SMP, MA, SMA dan SMK dari berbagai Pondok Pesantren di Kota LubukLinggau, Musirawas dan Muratara.”, ujar  Supriadi yang sehari-harinya merupakan Dosen UIN Al-Azhar dan juga Wakil Sekertaris PCNU Kota Lubuklinggau.

Dalam pembukaan dihadiri oleh Bapak Ngimadudin selaku Ketua STAIS Bumi Silampari, Ketua Forpes Ustad Fikri, Kakan Kemenag Lubuklinggau, Gus Imam Isa Mufti, Ustadz Zamron Hidayat.

Ustadz Jajang, Kyai Sumarsam, Kyai M Rudi Pondok Al Hadi, Ustadz Arpan Pondok Al Madani, Kyai Kardimin, Kyai Bunyamin, H Agus Mukmin, Ustadz Mazroil, Ustadz Marjianto, Kyai Ismuridjal Umar Ketua FKUB dan tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama LubukLinggau lainnya.

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: