Kinerja APBN Wilayah Limatara Sampai Dengan Triwulan III 2024

Kinerja APBN Wilayah Limatara Sampai Dengan Triwulan III 2024

Pers Release Kinerja APBN Wilayah Limatara Sampai Dengan Triwulan III 2024--

BACA JUGA:Grand Opening Pusat Buah Abak Lubuk Linggau, Buruan Ada Promo Khusus Buah Segar Import dan Lokal

Belanja modal terbesar dimanfaatkan dalam kelompok fungsi ekonomi (transportasi) yakni untuk pembangunan/peningkatan sarana dan prasarana bandar udara yang ada pada Kementerian Perhubungan dengan alokasi 114,95 Milyar (95% dari pagu total belanja Modal).

Transfer Ke Daerah dan Dana Desa 

Realisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sampai dengan Triwulan III telah mencapai angka sebesar Rp2,59 trilyun (77,18%) atau lebih tinggi 16,83% dari periode triwulan III tahun 2023 (YoY), dengan rincian Pemkab Musi Rawas telah salur sebesar Rp1,26 Trilyun (78,77%), kemudian Pemkab Musi Rawas Utara sebesar Rp808,98 milyar (79,11%), dan Pemkot Lubuk Linggau sebesar Rp 519,5 milyar (71,02%). 

Alokasi TKDD terdiri atas DAU, DBH, DAK Fisik, DAK NonFisik, Dana Insentif Daerah, dan Dana Desa dengan total pagu Rp3.35 Trilyun yang dialokasikan pada Pemkab Musi Rawas sebesar Rp1,6 Trilyun, Pemkab Muratara sebesar Rp1,02 Trilyun, dan Pemkot Lubuk Linggau sebesar Rp731,52 milyar.

BACA JUGA:Rp20 Juta Sudah Bisa Dapat Mobil Second Berkualitas, Buruan Serbu Oke Mobilindo Lubuk Linggau

Penutup

Kinerja APBN wilayah Limatara hingga 30 September 2024 tetap positif terutama ditopang oleh kinerja pendapatan negara yang sangat baik. Belanja negara juga tumbuh positif meskipun tetap perlu dijaga agar setiap rupiah belanja negara menghasilkan output yang telah ditetapkan. 

Meskipun kinerja ekonomi tetap terjaga dengan baik, kewaspadaan diperlukan untuk mengantisipasi berbagai risiko dan tekanan perekonomian. Disiplin fiskal akan terus dijaga sebagai upaya mempertahankan kinerja dan kredibilitas APBN untuk selalu hadir di seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: