Segera Cek HP Kamu! Google Mengingatkan Bahaya Jaringan 2G, Ini Cara Melindungi dari Penipuan

Segera Cek HP Kamu! Google Mengingatkan Bahaya Jaringan 2G, Ini Cara Melindungi dari Penipuan

Google mengingatkan bahaya jaringan 2G--Instagram @opportunitiescircleofficial

LINGGAUPOS.CO.ID – Beberapa waktu yang lalu, Google telah mengeluarkan himbauan penting kepada para pengguna Android untuk dapat segera cek HP dan memastikan jaringan 2G di HP dapat dimatikan.

Adapun imbauan ini bertujuan guna melindungi pengguna dari serangan penipuan yang semakin canggih, seperti pencurian data serta pengurasan rekening.

Melansir dari laman Tecno Mobile yang dikutip pada Selasa, 24 September 2024, metode penipuan ini memakai serangan SMS phishing yang memanfaatkan kelemahan jaringan 2G ini.

Disebutkan salah satu bentuk serangan yang jadi perhatian yaitu dengan memakai teknologi yang bernama False Base Stations (FBS) atau lebih dikenal sebagai Stingrays serta SMS Blasters.

BACA JUGA:Google Resmi Rilis Android 15, Ini Daftar HP yang Akan Kebagian dan Bocoran Fitur Barunya

Yang mana, teknologi ini adalah perangkat radio yang menyamar sebagai menara seluler asli, dan memungkinkan penipu untuk dapat berinteraksi langsung dengan HP korban tanpa perlu lewat jaringan operator resmi.

Dengan begitu, pelaku bisa dapat mengirimkan SMS phishing yang berbahaya langsung ke HP target.

Sebab tidak lewat jalur operator, dan langkah-langkah keamanan seperti anti-spam, serta sistem anti-penipuan yang dapat melindungi pengguna untuk jadi tidak efektif.

Selain itu, SMS Blasters bahkan bisa juga diperoleh secara mudah di beberapa toko online, serta menjadikannya sebagai ancaman yang lebih mudah dijangkau oleh penjahat siber ini.

BACA JUGA:Hadir dengan Desain Simple Namun Bertenaga, Ini 3 Rekomendasi HP Google Pixel Terbaru 2024

Bahkan penggunaan alat tersebut juga tak memerlukan keahlian teknis khusus, sehingga siapa saja bisa dengan cepat untuk mengoperasikannya.

Selama HP pengguna masih mendukung jaringan 2G, risiko terhadap serangan ini bakal tetap ada.

Untuk itu, Google merekomendasikan supaya pengguna bisa segera menonaktifkan jaringan 2G ini di HP guna mengurangi resiko tersebut.

Selain itu, langkah tersebut juga sangat mudah dilakukan pada HP yang telah mendukung sistem operasi Android 12 ke atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: