BPJS Kesehatan Lubuk Linggau Apresiasi Pemda yang Capai UHC

BPJS Kesehatan Lubuk Linggau Apresiasi Pemda yang Capai UHC

Kantor BPJS Kesehatan Lubuk Linggau.--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Pemerintah Indonesia terus upayakan untuk mencapai cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) bagi seluruh penduduknya. 

Dengan tercapainya UHC, diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia ke depan, tidak hanya soal cakupan kepesertaan JKN, tapi mencakup akses fasilitas kesehatan yang merata untuk masyarakat.

Tidak mau ketinggalan, sebanyak lima kabupaten/kota di wilayah kerja kantor BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Linggau telah berhasil meraih gelar UHC, diantaranya Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Lahat, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Musi Rawas dan Kota Pagar Alam. 

Capaian UHC ini membuktikan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada warganya dengan capaian UHC yang melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2024 sebesar 98 persen dari total penduduk.

BACA JUGA:CASN 2024, Kabupaten Limapuluh Kota Siapkan Ratusan Kuota CPNS dan PPPK, Cek Rincian Formasinya

Yunita Ibnu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Lahat, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Musi Rawas dan Kota Pagar Alam karena telah berkontribusi dalam menjaga kesinambungan pogram Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), terbukti dengan tercapainya UHC ini.

“Lima kabupaten dan kota yang telah menyandang gelar UHC ini diharapkan dapat menjadi penggerak bagi pemerintah kabupaten/kota lain termasuk Kabupaten Empat Lawang yang masuk ke wilayah kerja BPJS Kesehatan KC Lubuklinggau untuk dapat ikut serta dalam memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh warganya.” ucap Yunita, Selasa 6 Agustus 2024.

Lebih lanjut lagi Yunita menyampaikan bahwa dengan tercapainya cakupan kesehatan semesta, seluruh masyarakat dapat terjamin dalam mengakses kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

Perlu diketahui bahwa Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Lahat telah meraih gelar UHC sejak tahun 2021, Kabupaten Musi Rawas Utara sejak tahun 2022, Kabupaten Musi Rawas pada tahun 2023 serta Kota Pagar Alam telah menyandang gelar UHC pada awal tahun 2024 yang lalu.

BACA JUGA:Iptu Baitul Ulum Jabat Kasat Intelkam Polres Lubuk Linggau, Ini Pesan AKBP Bobby Kusumawardhana

Berdasarkan data yang diperoleh, sampai 1 Agustus 2024, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Lahat Kabupaten Muratara, Kabupaten Musi Rawas, dan Kota Pagar Alam saat ini telah mencapai cakupan kepesertaan lebih dari 98 persen.

“Program JKN ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan akses kepada masyarakat terhadap pelayanan kesehatan tapi juga dalam memberikan perlindungan finansial,"katanya.

"Tercapainya UHC tidak berhenti ketika seluruh penduduk telah menjadi peserta JKN,  tetapi yang lebih penting adanya peningkatan kualitas akses peserta terhadap mutu pelayanan kesehatan serta mampu menjadi perlindungan finansial bagi peserta saat membutuhkan pelayanan kesehatan.” ujar Yunita.

Yunita juga menambahkan bahwa dari  tahun ke tahun cakupan kepesertaan JKN terus mengalami peningkatan, namun masih banyak tantangan kedepan dalam rangka mewujudkan UHC dengan mutu layanan yang berkualitas seperti menjamin ketersediaan obat dan alat kesehatan, pemerataan tenaga kesehatan, pemanfaatan aplikasi digital di fasilitas kesehatan, kecukupan anggaran, serta regulasi-regulasi yang dapat mendorong dalam penyelenggaraan program JKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: