Sejarah Balap Karung, Lomba Tradisional Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Sejarah Balap Karung, Lomba Tradisional Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Sejarah Balap Karung, Lomba Tradisional Peringatan HUT Kemerdekaan RI--

LINGGAUPOS.CO.ID – Menjelang hari Kemerdekaan RI akan ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Termasuk perlombaan yang seru, salah satunya adalah lomba balap karung. Lalu bagaimana dengan sejarah dan asal usul balap karung bisa ada di Indonesia. Yuk disimak informasi lengkapnya disini.

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari laman wikipedia  pada Sabtu, 27 Juli 2024 berikut ini informasi mengenai sejarah singkat dari balap karung.

Sejarah Awal Mula Balap Karung di Indonesia

BACA JUGA:Sejarah Awal Mula Panjat Pinang, Lomba Tradisional Kemerdekaan RI

Balap karung diketahui awalnya sudah ada sejak zaman Belanda. Orang-orang Belanda memperkenalkan kegiatan ini ke sekolah dan instansi yang dibentuk oleh pihak kolonial Belanda.

Karena kegiatan balap karung yang menyenangkan. Akhirnya masyarakat Indonesia pun tertarik untuk mencobanya. Diketahui juga orang Betawi lah yang lebih dahulu memainkan balap karung.

Mulanya balap karung dimainkan oleh anak-anak yang berusia sekitar 6 hingga 12 tahun saja. Namun lambat laun dimainkan oleh orang dewasa, mulai dari bapak-bapak hingga ibu-ibu.

Versi sejarah lomba balap karung yang lain menyebutkan bahwa permainan tersebut sebenarnya lahir dari rasa kesal orang-orang zaman dulu yang tak mampu membeli pakaian akibat penjajahan Belanda.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia

Karena tak memiliki uang yang cukup, kebanyakan masyarakat Indonesia kalangan bawah lantas menjadikan karung goni sebagai penutup tubuh mereka.

Tak jarang, lantaran terlalu malas untuk membuat lubang, beberapa orang langsung menginjak-injak karung tersebut sampai bolong.

Yang awalnya sebuah bentuk kekesalan, kebiasaan melompat-lompat di dalam karung goni lambat laun bertransformasi menjadi sebuah permainan yang dipertandingkan hingga sekarang.

Cara Bermain Balap Karung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: