CASN 2024, Wajib Simak Ini 3 Tahapan Terbaru dalam SKD CPNS untuk Lulusan SMA

CASN 2024, Wajib Simak Ini 3 Tahapan Terbaru dalam SKD CPNS untuk Lulusan SMA

CASN 2024, Wajib Simak Ini 3 Tahapan Terbaru dalam SKD CPNS untuk Lulusan SMA --

BACA JUGA:CASN 2024, PALI Siapkan 2.251 Kuota CPNS dan PPPK, Berikut Informasinya

• Nasionalisme: Menguji kemampuan peserta dalam mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama, sembari mempertahankan identitas nasional.

• Integritas: Menilai kemampuan menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen, dan konsistensi sebagai kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

• Bela Negara: Mengukur peran aktif peserta dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

• Pilar Negara: Menguji pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, UUD RI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika untuk membentuk karakter positif.

BACA JUGA:CASN 2024 Rejang Lebong, Bengkulu Ada Ribuan Formasi Dari CPNS dan PPPK, Buruan Simak!

• Bahasa Negara: Mengukur kemampuan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2.   Tes Intelegensia Umum (TIU)

Perlu dipahami, TIU ini sendiri memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan intelektual peserta. Terdapat tiga pembahasan utama di TIU yaitu:

• Kemampuan verbal: Menguji kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis melalui tes analogi, silogisme, dan analitis.

BACA JUGA:CASN 2024, PALI Siapkan 2.251 Kuota CPNS dan PPPK, Berikut Informasinya

• Kemampuan numerik: Mengukur kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka, seperti dalam deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita.

• Kemampuan figural: Menguji kemampuan penalaran secara runtut dan sistematis, seperti melalui tes analogi, ketidaksamaan, dan serial, yang bertujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat hubungan dalam bentuk gambar.

3.   Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Terakhir TKP, dimana tes ini  bertujuan untuk mengukur karakteristik pribadi peserta yang relevan dengan dunia kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: