Perlu Diketahui! Inilah Perbedaan Karakter Motor Listrik dan Motor Bensin Sebelum Beli

Perlu Diketahui! Inilah Perbedaan Karakter Motor Listrik dan Motor Bensin Sebelum Beli

Perbedaan karakter motor listrik dan motor bensin.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Pada saat mengendarai kendaraan listrik, tentu ada beberapa perbedaan krusial yang perlu untuk dipahami apabila dibandingkan dengan motor bensin.

Melansir dari laman Astra Motor yang dikutip pada Sabtu, 13 Juli 2024, ada seorang Instruksi Safety Riding dari Astra Motor Sulselbartrabon yang sudah memperoleh berbagai sertifikasi internasional.

Yang mana, ia memberi sebuah wawasan mendalam mengenai perbedaan karakter dari motor listrik dan motor bensin sebelum calon pembeli membutuskan beli.

Disebutkan bahwa motor listrik mempunyai karakteristik yang unik, yakni salah satunya yaitu torsi yang sangatlah responsif.

BACA JUGA:DAB 1 Alpha Meluncur, Motor Listrik Baru Hanya Ada 400 Unit di Dunia, Harganya Bikin Geleng-Geleng

Hal tersebut menuntut pengendara untuk dapat lebih hati-hati dalam mengontrol kecepatan dengan pegangan gas, serta dapat hindari potensi kehilangan kendali.

Namun, berbeda hal dengan motor bensin yang mempunyai suara mesin khasnya, dan motor listrik ini cenderung punya suara yang sangat senyap.

Oleh sebab itu, keheningan tersebut membuatnya kurang terdengar bagi para pejalan kaki serta pengguna jalan lainnya.

Untuk itu, pengendara motor listrik diharapkan dapat terbiasa dengan tarikan gas yang halus serta perlahan guna mempercepat kendaraan.

BACA JUGA:Gesits Raya: Motor Listrik yang Melaju Hingga 60 Km/Jam dalam 7,5 Detik, Cek Segini Harganya

Adapun pentingnya kesadaran pengendara terhadap keberadaan motor listrik. Sebab dengan suara yang hampir tak terdengar, pengendara harus lebih berhati-hati serta mempertimbangkan keamanan pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya.

Lebih lanjut, instruktur ini juga berikan cara praktis untuk pengguna motor listrik, seperti halnya kebiasaan untuk menarik rem pada saat menyalakan motor serta melepaskannya secara perlahan bersamaan dengan mengatur akselerasi secara lembut.

Kemudian, ia juga menyebut guna memaksimalkan pengalaman berkendara dengan motor listrik, selalu merencanakan perjalan secara cermat.

Hal tersebut mencakup pemetaan rute secara tepat, estimasi jarak tempuh, hingga evaluasi kapasitas baterai motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: