Manfaatkan Waktu Luang, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Memanfaatkan Perpustakaan Lapas

Manfaatkan Waktu Luang, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Memanfaatkan Perpustakaan Lapas

WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti memanfaatkan perpustakaan Lapas,-foto: humas lapas kelas IIA muara beliti.-

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kanwil Kemenkumham Sumsel menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam memanfaatkan dan menghabiskan waktu luang dengan membaca buku di perpustakaan yang disediakan oleh Lapas, Sabtu 13 Juli 2024. 

Lewat membaca buku, banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan WBP karena buku merupakan jendela dunia.

Dengan tersedianya perpustakaan di Lapas ini, merupakan bukti nyata pelaksanaan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan pasal 14 ayat 1, bahwa WBP berhak mendapatkan bahan bacaan dan mengikuti siaran media massa lainnya yang tidak dilarang. 

Dengan mengoptimalkan dan melakukan penataan ruangan pada area Lapas, kini Lapas Narkotika Muara Beliti telah memiliki fasilitas ruang perpustakan. 

BACA JUGA:Implementasikan P2HAM, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Sediakan Kamar Kelompok Rentan

BACA JUGA:Lapas Narkotika Muara Beliti Hadiri Kegiatan Rapat Monev Capaian Kerja Triwulan II dan Penyusunan SAKIP 2024

Para WBP sangat antusias dalam mengunjungi perpustakaan pengayoman ini. Layanan perpustakaan ini melibatkan seluruh WBP secara bergantian, di mana mereka diharapkan aktif meminjam dan membaca buku langsung di perpustakaan. 

Layanan perpustakaan ini dilaksanakan pada setiap setiap harinya, dimulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB. 

Bahkan warga binaan diberikan kesempatan untuk meminjam buku apabila para WBP ingin membaca buku di dalam kamar pada malam hari,waktu yang diberikan yaitu dalam jangka 5 hari peminjaman.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama menuturkan bahwa WBP memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. 

BACA JUGA:Pantau Layanan WBP, Tim Yantawatkeshab Kanwil Kumham Sumsel Kunjungi Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti

BACA JUGA:WBP Peserta Rehabilitasi Sosial Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Jalani Tes Urin Tahap Akhir

"Selain gemar membaca, mereka selalu bertanya tentang informasi terkini yang berkembang di masyarakat. Itu artinya jeruji tidak membatasi keingintahuan mereka akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,”katanya. 

Dikatakannya, adapun Buku-buku yang dibaca WBP beragam, seperti terkait ilmu pengetahuan umum, keagamaan, Novel, maupun buku-buku yang terkait kewirausahaan serta keterampilan kerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: