Inilah 5 Ide Agar Anak Kurangi Main HP Saat Libur Sekolah, Nomor 2 Harus Dilakukan

Inilah 5 Ide Agar Anak Kurangi Main HP Saat Libur Sekolah, Nomor 2 Harus Dilakukan

Ilustrasi piknik bersama keluarga.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID - Handphone (HP) dan tablet merupakan barang-barang yang bisa diakses oleh anak-anak saat ini. 

Selain itu, anak-anak yang bermain HP tanpa kontrol berisiko mengalami kecanduan.

Liburan sekolah memang menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh anak-anak.

Masa istirahat dari kesibukan belajar di sekolah ini menjadi waktu yang tepat untuk mereka bersenang-senang.

BACA JUGA:Vivo Menguasai! Inilah 10 Daftar HP Flagship Android Terkencang Juni 2024 Versi AnTuTu

Kemudian, anak-anak bisa mengeksplorasi hal baru, menghabiskan waktu bersama keluarga serta mendalami minat yang tidak dapat dijalankan saat sekolah berlangsung.

Psikolog anak dan keluarga Maryam Alatas mengatakan orang tua bisa membuat kegiatan liburan sekolah yang menarik agar anak tak main HP dengan melibatkan anak dalam rencana liburan.

"Anak difasilitasi dengan berbagai alternatif aktivitas yang bisa dilakukan. Misalnya membuat jadwal untuk kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan bersama orangtua, pengasuh atau teman," ungkap Maryam , Kamis 4 Juli 2024.

Kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan orang tua atau pengasuh anak bisa berupa kegiatan hiburan, edukasi, hingga olahraga.

BACA JUGA:Pilkada Musi Rawas 2024, DPP PAN Keluarkan Model B.1.KWK Parpol untuk Pasangan Ratna Machmud-Suprayitno

"Bisa juga merencanakan liburan ke tempat rekreasi dengan membuat aturan diawal untuk tidak boleh menggunakan gadget dan lainnya," kata Dosen Psikologi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) itu.

Tak kalah penting, komitmen dari orang tua agar mencegah anak bermain gadget selama liburan dengan membuat aturan dan konsekuensi ketika dilanggar.

"Jika anak sudah bisa berkomunikasi maka buat kesepakatan sebelum pergi, diskusikan kepada anak jika aturan dilanggar apa konsekuensinya. Kemudian orang tua konsisten dengan aturan yang telah disepakati," jelas Maryam.

5 ide kegiatan libur sekolah Tentu ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan anak selama liburan sekolah 2024 selain bermain HP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: