Malam 1 Suro Sebentar Lagi, Ini 5 Mitos yang Paling Mistis, Ada yang Sangat Dilarang

Malam 1 Suro Sebentar Lagi, Ini 5 Mitos yang Paling Mistis, Ada yang Sangat Dilarang

Malam 1 Suro Sebentar Lagi, Ini 5 Mitos yang Paling Mistis, Ada yang Sangat Dilarang --instagram: budoyojawi

LINGGAUPOS.CO.ID - Malam 1 Suro 2024 akan tiba sebentar lagi, ketahui ini 5 mitos paling mistis dan ada yang sangat dilarang untuk dilakukan. Dibawah ini ulasannya.

Malam 1 suro akan tiba sebentar lagi, meski diwarnai dengan berbagai perayaan rupanya ada pula berbagai mitos pada malam tersebut.

Setidaknya dalam ulasan ini terdapat 5 mitos yang paling mistis terkait malam Satu Suro, dari mitos tersebut bahkan ada yang sangat dilarang untuk dilakukan.

Seperti yang kita ketahui, malam 1 Suro adalah malam pergantian tahun baru dalam kalender Jawa- Islam yang waktunya bertepatan dengan 1 Muharam.

BACA JUGA:18 Remaja Pesta Sabu Dalam Rumah Kontrakan di Musi Rawas, Ada Warga Lubuk Linggau, Segini Sewa Tempatnya

Ada banyak mitos yang berkemabang pada malam 1 Suro berkaitan dengan hal-hal mistis, terutamanya bagi masyarakat di Jawa. Bahkan, masih banyak yang mempercayai hal tersebut hingga sekarang.

Adapun diketahui, , Mengacu pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 oleh Kemenag RI, tanggal 1 Suro 1958 TJ jatuh pada Senin, 8 Juli 2024 M. 

Sehingga malam 1 Suro 2024 dimulai sejak Minggu, 7 Juli 2024 malam, setelah Matahari terbenam. Artinya sebentar lagi malam tersebut akan segera tiba.

Lantas, kira-kira apa saja mitos atau larangan pada malam 1 Suro nanti. Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, mitos malam 1 Suro.

BACA JUGA:2 Pria Mencurigakan Dicegat di Jalan Tugumulyo Musi Rawas, Terancam Denda Rp800 Juta

5 Mitos Malam 1 Suro

1. Larangan Keluar Malam

Pertama, pada malam 1 Suro tersebut masyarakat Jawa percaya bahwa gerbang pintu gaib terbuka pada malam 1 Suro.

Dimana pada malam tersebut, semua makhluk halus akan keluar dari tempat persemayamannya sehingga masyarakat pun dilarang keluar rumah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: