Kapan Tanggal Peringatan Malam 1 Suro Juli 2024 ? Catat Ini Tanggalnya

Kapan Tanggal Peringatan Malam 1 Suro Juli 2024 ? Catat Ini Tanggalnya

Kalender Jawa Bulan Juli 2024 Lengkap Beserta Artinya, Dari Weton Hingga Primbon--Ditjen Bimas Islam Kemenag RI,

LINGGAUPOS.CO.ID - Kapan peringatan malam 1 suro pada Juli 2024 datang, yuk catat ini tanggalnya dalam ulasan di bawah ini.

Tak lama lagi masyarakat akan menyambut kedatangan malam 1 suro yang akan datang pada Juli 2024 ini, khususnya bagi masyarakat Jawa.

Sebagian masyarakat Jawa akan menyambut datangnya bulan Suro yang ditandai sebagai awal tahun baru dalam penanggalan Jawa.

Lantas, kira-kira malam 1 Suro tahun 2024 ini akan jatuh pada tanggal berapa ya ? untuk mendapatkan jawabannya simak ulasan ini hingga akhir.

BACA JUGA:18 Remaja Pesta Sabu Dalam Rumah Kontrakan di Musi Rawas, Ada Warga Lubuk Linggau, Segini Sewa Tempatnya

Sebelumnya, ketahui dulu apa itu malam satu suro. Sebagai informasi malam satu suro merupakan malam pergantian tahun berdasarkan kalender jawa.

Bagi umat islam di Jawa, malam Suro tidak hanya sekedar pergantian tahun, namun juga memiliki sejarah dan arti tersendiri. Di momen tersebut, masyarakat jawa kerap melaksanakan sejumlah tradisi untuk menyambut pergantian tahun Jawa.

Adapun, dikutip dari buku ‘Dialektika Islam Dan Budaya Nusantara: Dari Negosiasi, Adaptasi Hingga Komodifikasi’ karya Prof Suprapto.

Bulan Muharram yang ada dalam penanggalan Hijriah atau Islam dikenal sebagai sasi Suro sebagai masyarakat Jawa. Hal ini dikarenakan istilah “suro” berasal dari Asyura yang berkaitan erat dengan bulan Muharram.

BACA JUGA:2 Pria Mencurigakan Dicegat di Jalan Tugumulyo Musi Rawas, Terancam Denda Rp800 Juta

Bahkan, malam satu Suro bukan hanya dikenal sebagai awal pergantian tahun dalam kalender Jawa, tetapi juga dikenal sebagai momentum yang diwarnai dengan berbagai mitos hingga larangan.

Sebab, malam 1 Suro dianggap sebagai waktu yang cukup sakral bagi sebagian masyarakat.

Jadwal Malam 1 Suro 2024

Terkait dengan malam 1 Suro 2024 jatuh di tanggal berapa, masyarakat dapat merujuk pada Kalender Hijriah 2024 yang diterbitkan secara resmi oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: